nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daihatsu Panggil Gran Max & Luxio ke Bengkel Seluruh Indonesia, Ini Masalahnya

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 21:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 01 52 2124794 daihatsu-panggil-gran-max-luxio-ke-bengkel-seluruh-indonesia-ini-masalahnya-c26ucHaWhS.jpeg Masalah pada komponen connecting rod sebabkan Daihatsu recall model Luxio dan Gran Max 1.5 L (Foto: Okezone.com/pool/Daihatsu)

JAKARTA - Langkah penarikan kembali (recall) dilakukan PT Astra Daihatsu Motor kepada dua model, yakni Daihatsu Gran Max 1.5L dan Daihatsu Luxio pada Jumat (1/11/2019). Program ini disebut Daihatsu sebagai upaya menjaga kepuasan pelanggan terhadap produk tersebut.

Recall ini dilakukan usai ditemukan kerusakan pada komponen Connecting Rod dalam mesin 1.5L 3SZ milik model Daihatsu Gran Max 1.5L dan Luxio. Model yang ditarik merupakan produksi Maret 2018 sampai April 2019 dengan total mencapai 36.915 unit.

 Daihatsu Gran Max

Daihatsu mengeluarkan pengumuman ini sebagai bentuk jawab terhadap kenyamanan penggunaan mobil yang sudah berada di tangan pelanggan. "Terlebih kepada kendaraan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall untuk menuju bengkel resmi Daihatsu terdekat," ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Kerusakan komponen pada connecting rod pada unit kendaraan Gran Max 1.5L dan Luxio ini bisa menyebabkan kendaraan mengalami mati mesin mendadak. Jika dipaksakan, komponen yang juga disebut sebagai stang seher tersebut dapat patah, hingga menimbulkan kerusakan lanjut.

Untuk mencehgah dampak berantai pada mesin, Daihatsu menyarankan pengguna untuk melakukan perbaikan, yang memakan waktu sekitar 12-14 jam. Terlepas dari durasi serta perbaikan komponen yang cukup berat, pelanggan tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Setiap pelanggan yang kendaraannya teridentifikasi dalam program recall ini, akan dihubungi secara aktif oleh Daihatsu. Selain itu, pelanggan yang terkena recall mendapatkan kompensasi berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk perawatan kendaraan berikutnya.

 Daihatsu Luxio

Model kendaraan Daihatsu Gran Max dan Luxio sendiri sudah meluncur ke pasar Indonesia sejak 2008-2009 lalu. Sejak dipasarkan dalam kurun tersebut, Daihatsu mampu menjual dua kendaraan tersebut hingga lebih dari 300.000 unit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini