nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumen BMW Indonesia Condong Lirik Model SAV Dibandingkan Sedan

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 05:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 52 2124817 konsumen-bmw-indonesia-condong-lirik-model-sav-dibandingkan-sedan-JqbcbgBzUi.jpg Model BMW X1 mendapat penyegaran terbaru serta diluncurkan di Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Kendaraan jenis Sport Activity Vehicle (SAV) perlahan mulai menjadi varian andalan BMW di segmen kendaraan premium Indonesia. Penyegaran model SAV entry level, New BMW X1, pada Jumat (1/11/2019) di kawasan Senayan, Jakarta turut mendukung kesan itu.

BMW Indonesia pun mengakui segmen kendaraan SAV menyumbang kontribusi cukup besar dalam penjualan produk tahun ini. "Model X1 sendiri bisa dibilang sebagai salah satu tulang punggung penjualan BMW di Indonesia dengan mencapai 40 persen," ujar Vice President of Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto.

 BMW X1

Salah satu faktor peminatan tinggi konsumen Indonesia terhadap model BMW X1 sendiri dipengaruhi oleh harga jual kendaraan kompak itu. Terlebih, sebagai model SAV premium kisaran harganya berada di bawah Rp800 juta, atau tepatnya mencapai Rp730juta off-the-road untuk wilayah DKI Jakarta.

Bayu menambahkan model kendaraan SAV sendiri sudah bisa bersaing langsung dengan segmen kendaraan sedan, sebagai jualan utama BMW. "SAV kita sudah lebih dari 55 persen untuk penjualan selama 2019. Faktor lain yang mendukung adalah keberadaan model seperti X5 juga," ujarnya.

Kini setelah dua seri dengan peminat cukup besar di Indonesia yakni BMW X1 dan BMW Seri 3 sudah mendapat pembaruan, Bayu menilai masyarakat memiliki pilihan lebih banyak. Namun, kini terdapat selisih produk cukup besar antara kedua model tersebut.

Perbedaan selisih harga dinilai Bayu wajar terjadi, utamanya dengan pembaruan model serta teknologi terkini dalam tipe sedan Seri 3. "Konsumen membutuhkan waktu untuk dapat mencerna penawaran produk serta harganya. Perkiraannya kondisi tersebut terjadi pada semester awal tahun depan," kata Bayu.

 BMW X1

Sejak generasi pertama diperkenalkan, BMW x1 sudah terjual sebanyak 1.700.000 unit dan masuk ke Indonesia sejak 2016 lalu. Untuk pembaruannya kali ini baru tersedia dalam satu trim yakni BMW X1 sDrive18i xLine dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.5 L TwinPower Turbo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini