nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kendaraan Jenis SUV Diminati Emak-Emak Ibu Kota, Begini Pandangan BMW

Medikantyo, Jurnalis · Senin 04 November 2019 10:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 04 52 2125396 kendaraan-jenis-suv-diminati-emak-emak-ibu-kota-begini-pandangan-bmw-FZRwjanxSe.jpg Salah satu model lini kendaraan SAV, New BMW X1, saat mejeng di kawasan Senayan, Jakarta pada akhir pekan lalu (Foto: Okezone.com/pool/BMW)

JAKARTA - Pergeseran minat kendaraan jenis SUV kepada pengendara wanita, rupanya juga disadari oleh BMW Indonesia. Tren 'emak-emak' pengguna SUV ini pun berpengaruh pada kepopuleran lini kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) kompak keluaran produsen asal Jerman tersebut.

Ceruk pelanggan ini dirasa sesuai dengan sasaran penjualan produk kendaraan SAV kompak keluaran BMW. "Biasanya pemakai SAV perempuan ini menggunakan mobil kedua dalam keluarga dan jadi konsumen potensial kami," ujar Vice President of Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto.

 BMW X1

Kemunculan minat pengguna wanita pada lini kendaraan setara SAV ini tidak mengherankan. Hal tersebut mengacu pada fungsionalitas kendaraan serta ditunjang adanya fitur serta teknologi terbaru, yang memberi kenyamanan berlebih kepada penggunanya belakangan ini.

Walaupun dalam setiap perencanaan produk, BMW tidak pernah menaruh target khusus berdasar latar belakang maupun gender. "Secara umum kebanyakan konsumen memandang BMW sebagai jenama dengan desain maskulin. Jarang ada yang mengasosiasikan merek ini dengan pengemudi perempuan," ujar Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania.

Pengecualian terjadi pada sejumlah kendaraan yang memang mengambil alternatif desain sehingga menimbulkan daya tarik pada kaum hawa. "Itu bisa dilihat misalnya pada BMW X4 karena bentuknya Coupe, lebih seksi, tapi secara umum tidak ada klasifikasi khusus produk BMW berdasar gender," ujar Jodie.

Faktor lain yang menunjang pertumbuhan minat pada kendaraan jenis SAV milik BMW adalah keterjangkauan harga. Untuk saat ini banderol Rp739 juta off the road untuk wilayah Jakarta, menjadikan New BMW X1 sebagai model paling terjangkau dibandingkan lini kendaraan lain BMW.

 BMW X1

Peran sebagai kendaraan entry level BMW, yang juga dirakit secara lokal tersebut, perlahan mulai muncul sebagai andalan strategis produsen asal Jerman itu. Persentase penjualan kendaraan SAV sepanjang 2019 bahkan menyentuh 55 persen menyaingi lini kendaraan sedan, sebagai jualan utama BMW.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini