Lokasi Pembayaran Pajak Kendaraan Selain di Samsat

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 04 November 2019 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 04 52 2125410 lokasi-pembayaran-pajak-kendaraan-selain-di-samsat-pWNIWxDNZ0.jpg Ilustrasi surat tanda nomor kendaraan (foto: Okezone)

JAKARTA - Penerimaan pajak yang terus digenjot pemerintah diimbangi dengan semakin mudahnya pemilik kendaraan untuk membayar pajak tidak hanya di satu tempat saja. Selain di Samsat yang biasa dilakukan, pemilik kendaraan kini bisa melakukannya di Kecamatan.

 Pemilik kendaraan dapat melakukan pembayaran pajak di kantor kecamatan. Meski begitu, perlu diperhatikan kembali bahwa layanan ini hanya berlaku di satu kecamatan untuk setiap wilayah yang akan menjadi perwakilan. Meski peraturan ini cukup lama, namun tak banyak pemilik kendaraan bermotor yang mengetahui sistem pembayaran yang bisa dilakukan di Kecamatan.

 Pembayaran STNK

Kantor kecamatan yang menjadi pewakilan untuk setiap pembayaran pajak kendaraan bermotor sendiri diantaranya adalah kecamatan Penjaringan untuk wilayah Jakarta Utara, kecamatan Pasar Minggu unutk wilayah Jakarta Selatan, kantor kecamatan Kebon Jeruk untuk wilayah Jakarta Barat, kecamatan Pulogadung untuk wilayah Jakarta Timur, dan kecamatan Kemayoran untuk wilayah Jakarta Pusat.

 STNK

Bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, Anda hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Semua berkas asli harus dibawa dan dilengkapi dengan lembar foto copy.

Perlu diingat kembali, pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dapat dilakukan di kantor kecamatan ini tidak berlaku bagi pemilik kendaraan yang telah melewati jatuh tempo pembayaran lebih dari setahun, 5 tahunan dan ganti nomor polisi atau plat kendaraan, balik nama kendaraan, atas nama badan usaha/kantor/yayasan/bank, mutasi kendaraan masuk atau keluar daerah, dan permohonan blokir kendaraan bermotor hanya dapat dilayani di Kantor Samsat Induk sesuai dengan domisili wajib pajak.

 STNK

Cara ini dianggap lebih praktis dari segi jarak atau jangkauan bagi para pemilik kendaran bermotor untuk dapat melakukan pembayaran pajak. Sementara itu, sudahkah Anda membayar pajak kendaraan bermotor tahun ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini