nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Siapkan Prius PHEV ke Indonesia, Harga di Bawah Rp1 Miliar

Medikantyo, Jurnalis · Senin 04 November 2019 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 04 52 2125485 toyota-siapkan-prius-phev-ke-indonesia-harga-di-bawah-rp1-miliar-KyZcLEcobL.jpg Model kendaraan elektrifikasi Toyota Prius saat tampil di ajang GIIAS 2019 lalu (Foto: Okezone.com/pool/Toyota)

JAKARTA - Peluncuran kendaraan elektrifikasi Toyota Prius PHEV di Indonesia sudah memasuki tahap pengambilan keputusan dari pihak prinsipal. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang tunggal merek tersebut di Tanah Air masih menanti konfirmasi akhir untuk mendatangkan model tersebut.

Pembicaraan mengenai kesiapan peluncuran produk Toyota Prius PHEV sendiri sudah berlangsung sejak model tersebut mengundang respons positif saat tampil dalam ajang GIIAS 2019 lalu. "Namun, mohon maaf sampai awal November ini belum ada konfimrasi. Harapannya segera ada jawaban dari prinsipal," ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

 Toyota

Kesiapan menghadirkan model Toyota Prius PHEV sendiri mempertimbangkan berbagai sektor serta kesiapan lintas divisi seperti perawatan, penjualan, dan perencanaan produk. "Apalagi ini produk PHEV pertama Toyota yang bakal diluncurkan(di Indonesia)," ujar Anton menambahkan.

Anton juga menilai sisa waktu dua bulan pada 2019 sendiri, tidak cukup untuk menghasilkan kesepakatan serta konfirmasi utuh mengenai peluncuran model Prius PHEV di Tanah Air. "Mudah-mudahan paling lambat konfirmasi ini datang pada awal tahun depan. Prinsipal sendiri sudah mengerti permintaan dan kebutuhan TAM," ujarnya kepada awak media di Jakarta.

Toyota sendiri, terkait kedatangan produk lini elektrifikasi tersebut, sudah melakukan studi terkait perkiraan harga jual untuk model Prius PHEV di pasar Tanah Air. "Kalau tidak ada perubahan signifikan dari segi nilai tukar mata uang serta pembiayaan, banderolnya berada di bawah Rp1 miliar," kata Anton menjelaskan.

Adanya keputusan terbaru mengenai skema PPnBM dari Pemerintah dirasa Anton belum akan berpengaruh kepada penyusunan harga Toyota Prius di waktu mendatang. Walaupun tidak menampik, skema itu menjadi salah satu faktor pertimbangan nantinya. "PPnBM baru akan berlaku pada akhir 2021. Jadi saat itu kami baru akan menghitung lagi pengaruhnya kepada harga," ujar Anton.

 Toyota Prius

Langkah elektrifikasi level dasar sudah diterapkan Toyota dengan memperkenalkan teknolgi hybrid pada sejumlah model kendaraan di Indonesia seperti Alphard, Camry, Corolla Altis, dan Toyota C-HR. Bahkan, Toyota sukses mendorong penggunaan mobil Toyota Crown bermesin hybrid sebagai mobil dinas Menteri Kabinet Indonesia Maju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini