nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inovasi 'Nyeleneh' Ferrari, Mengganti Roda Kemudi dengan Joystick

Reven Rumenige, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 18:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 07 52 2127033 inovasi-nyeleneh-ferrari-mengganti-roda-kemudi-dengan-joystick-9kKanwYYhx.jpg Paten joystick Ferrari (foto: ist)
 

MARANELLO - Inovasi dalam dunia otomotif memang kerap terjadi, mulai dari perpindahan transmisi manual ke otomatis, dari bahan bakar berubah menjadi batere dan sekarang muncul inovasi 'nyeleneh' dari produsen otomotif asal Italia, Ferrari.

Seperti dikutip dari situs carbuzz, Ferrari telah membeberkan inovasinya dalam urusan roda kemudi, menurut Ferrari roda kemudi bisa saja dihilangkan dan diganti dengan perangkat joystick yang minimalis dan tidak memakan banyak ruang.

 Ferrari

Perangkat joystick yang digadang akan menghilangkan roda kemudi sekaligus pedal ternyata dikhususkan untuk mobil sport agar bagian kemudi telihat lebih luas dan terbuka. Joystick yang nantinya terpasang disisi kanan pengemudi akan dilengkapi dengan komponen untuk melakukan gerakan maju, mundur, akselerasi dan mengontrol pengereman.

 Ferrari

Jika perangkat joystick terpasang dalam mobil Ferrari, pengemudi harus lebih seksama dalam beradaptasi agar terbiasa menggunakan joystick dan yang paling penting semua gearbox harus memiliki sistem otomatis secara keseluruhan, untuk memudahkan pengemudi saat berkendara.

 Ferrari

Namun, pergantian dari roda kemudi menjadi perangkat joystick memang bukan inovasi yang terdepan dan tentu memerlukan evaluasi lebih lanjut karena roda kemudi sendiri sudah banyak memberikan kemudahan pada pengemudi sama halnya dengan pedal gas dan rem.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini