nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengendara Motor Gunakan Jas Hujan Jangan Sembarangan Berhenti

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 19:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 07 53 2127066 pengendara-motor-gunakan-jas-hujan-jangan-sembarangan-berhenti-BDB3lv1Ng1.jpg Pemotor kerap terpaksa berhenti pada lokasi tidak ideal saat kenakan jas hujan (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Jas hujan menjadi perlengkapan yang lumrah dibawa oleh pengendara roda dua ketika memasuki musim penghujan. Terlepas dari modelnya, para pemotor tetap harus meminggirkan kendaraan untuk menggunakannya sebelum kembali melanjutkan perjalanan ketika hujan.

Para pengendara dianjurkan untuk memilih lokasi secara benar dan aman, dari sudut pandang keselamatan berkendara. "Selain fasilitas umum seperti halte, pemotor juga bisa memanfaatkan lahan parkir maupun minimarket," Direktur Training Jakarta Defensive Driving Consulting, Yusri Pulubuhu.

 Motor

Dalam kondisi berbeda, pengguna kendaraan roda dua memang wajar memilih sejumlah tempat seperti sekitar jembatan layang maupun terowongan, untuk menggunakan jas hujan. Namun, tak jarang pilihan ini merugikan pengendara lain karena motor yang terparkir memakan badan jalan hingga sulit dilalui.

Wajar jika akhirnya petugas melakukan penindakan pada perilaku pemotor seperti ini karena potensinya menimbulkan kemacetan hingga insiden kecelakaan lalu lintas. "Perilaku para pemotor tersebut boleh disebut tidak bertanggung jawab dan menyusahkan pengguna jalan lain," ujar Yusri.

 Motor

Perilaku pemotor yang berteduh di sekitar terowongan lintas bawah atau jembatan layang ini, biasanya juga diakibatkan tidak melengkapi diri dengan jas hujan. "Kejadian seperti ini sudah sering kita temukan, dan sudah selayaknya menjadi perhatian dari petugas berwenang," kata Yusri menambahkan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini