nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Momen Kencan Singkat dengan SUV Volkswagen Rakitan Lokal di Senayan

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 17:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 09 52 2127815 momen-kencan-singkat-dengan-suv-volkswagen-rakitan-lokal-di-senayan-VF5C4eoAsU.jpg Suasana uji kendara VW Tiguan Allspace di kawasan GBK Senayan, Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Untuk kali pertama sejak diperkenalkan sejak GIIAS 2019, Volkswagen Indonesia memperkenankan awak media menjajal unit model VW Tiguan Allspace. Okezone Otomotif berkesempatan merasakan performa kendaraan jenis SUV tersebut dalam acara Volkswagen Drive Fest, Sabtu (9/11/2019).

Kesan pertama berada di kursi pengemudi VW Tiguan Allspace adalah kelengkapan fitur pengaturan posisi pengendara. Tidak hanya penyesuaian posisi duduk baik untuk maju ataupun mundur, terdapat juga pengaturan head rest yang menopang sisi kepala pengemudi. Begitu juga, setelan roda kemudi dengan fitur tilt & telescopic untuk roda kemudi.

 Volkswagen Tiguan

Awak media diberi kesempatan untuk mencoba pengalaman mengemudi dengan rute sejauh kurang lebih empat kilometer, di kawasan GBK Senayan, Jakarta. Terdapat lima mode berkendara yang dapat dijajal yakni Eco, Comfort, Sport, Normal, dan Indiviual. Pada giliran berkendara kali ini, Okezone menggunakan mode berkendara normal atau standar dari VW Tiguan Allspace.

Bekal mesin TSi Turbo berkapasitas 1.4 L dengan komponen turbo menyuguhkan tarikan cukup responsif. Baik pada putaran mesin bawah saat baru beranjak dari posisi diam, maupun saat pedal gas digeber ketika melalui lintasan lurus. Walaupun, kecepatan maksimal tidak bisa melebihi 70 Kpj dalam kawasan GBK.

Kontur jalanan yang bergelombang tidak begitu mengganggu untuk pengemudi berkat adanya Dynamic Chassis Control (DCC) pada model SUV keluaran Jerman ini. Walau hanya menggunakan pengaturan standar, perangkat peredam kejut bekerja optimal selama kendaraan merapah kombinasi permukaan jalan paving block di sela jalur aspal pada kawasan Senayan ini.

Kenyamanan kendaraan Eropa didapat awak Okezone Otomotif saat beralih menjadi penumpang di baris kedua dalam VW Tiguan Allspace ini. Posisi duduk di baris kedua penumpang ini tidak terasa tinggi, dengan leg room cukup luas dan dapat diatur. Walaupun, tidak menawarkan fitur posisi reclining seat cukup jauh dari posisi awalnya.

 Volkswagen

Pengaturan suhu dalam kendaraan didukung sistem 3 zone Climatronic Air Conditioning, antara baris pertama dan kedua. Saluran pendingin udara untuk penumpang terletak pada bagian bawah, serta dapat diatur hingga baris penumpang ketiga.

Pusat hiburan untuk kendaraan ini diatur dengan layar sentuh berukuran delapan inci, termasuk Android Auto dan Apple CarPlay. Untuk menyambungkan ponsel dengan layanan pusat hiburan ini masih menggunakan konektivitas kabel menggunakan port USB 2.0.

Fitur yang menjadi kelebihan bagi kendaraan ini selain bagasi 770 liter dengan kursi baris ketiga yang dilipat, adalah sejumlah kompartemen pada berbagai sisi. Kompartemen itu terletak pada bagian bawah kursi penumpang depan serta bagian langit-langit kendaraan sebelah depan sebanyak dua buah.

 Volkswagen Tiguan

Kendaraan ini ditawarkan dengan banderol Rp598 juta untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya. "Fitur kapasitas bagasi yang cukup besar dan utilitasnya menjadi daya tarik bagi konsumen biasanya," ujar tenaga penjualan VW Indonesia kepada Okezone Otomotif.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini