nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawasaki Miliki Purwarupa Motor Listrik Sport, Pakai Transmisi Empat Percepatan

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 18:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 09 53 2127829 kawasaki-miliki-purwarupa-motor-listrik-sport-pakai-transmisi-empat-percepatan-FvWsXpFJ5b.jpg Cuplikan model sepeda motor listrik rancangan Kawasaki (Foto: Okezone.com/Istimewa)

MILAN - Langkah penerapan elektrifikasi telah disiapkan Kawasaki untuk produk sepeda motornya. Produsen asal Jepang tersebut memperkenalkan purwarupa motor bertenaga baterai keluarannya, dalam ajang EICMA 2019 di Italia pekan ini.

Purwarupa yang ditampilkan hanya terdiri dari kerangka dasar serta rangkaian penggerak sepeda motor tersebut. Tampilan telanjang motor tersebut menunjukkan juga letak paket baterai, menggantikan letak mesin pembakaran internal motor pada umumnya.

 Kawasaki

Poin pembeda dari motor listrik buatan Kawasaki dari purwarupa tersebut, adalah keberadaan sistem transmisi. Pasalnya, kebanyakan sepeda motor listrik memiliki transmisi satu percepatan. Sedangkan, rancangan Kawasaki menunjukkan adanya transmisi empat percepatan pada motor listrik ini.

Kawasaki menyebut sudah mengerjakan peralihan dengan menggunakan rangkaian daya elektrifikasi penuh sejak lama. "Motor listrik ini sudah memakai power unit generasi berikut dengan motor penggerak berkomponen supercharger," Senior Manager Innovation R&D Kawasaki, Yoshimoto Matsuda.

Sepeda motor ini juga telah dikembangkan dengan membawa teknologi pemulihan tenaga dari pengereman saat berkendara. "Seluruh model sepeda motor termasuk jenis kendaraan listrik ini sudah menggunakan filosofi Rideology ala Kawasaki," ujar Yoshimoto dalam tayangan di media sosial Kawasaki.

Model bodi yang dirancang oleh Kawasaki diperkirakan memiliki gaya sport fairing, lekat dengan desain model Ninja. Wacana itu terlihat dari cuplikan tayangan serupa, dengan turut menampilkan uji kendara sepeda motor listrik itu di sebuah sirkuit.

 Kawasaki

Penempatan rancangan bodi bergaya sport sendiri tampak jauh dari bayangan mayoritas karakter pengguna kendaraan sepeda motor listrik saat ini. Seperti mengutip laman VisorDown, kebanyakan pengguna sepeda motor listrik lebih familiar dengan produk berbentuk skuter untuk melakukan perjalanan jarak dekat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini