nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik VW Resmi Dibuat di Tiongkok, Indonesia Berpotensi Jadi Negara Tujuan Ekspor

Medikantyo, Jurnalis · Senin 11 November 2019 11:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 11 52 2128245 mobil-listrik-vw-resmi-dibuat-di-tiongkok-indonesia-berpotensi-jadi-negara-tujuan-ekspor-LKzDqKGTgG.jpg Volkswagen ID mobil listrik (foto: Ist)
 

SHANGHAI - Usai setahun sejak proyek fasilitas produksinya diumumkan, Volkswagen (VW) menyatakan sudah memulai tahap awal perakitan mobil listrik di Tiongkok. Dasar produksi lini kendaraan listrik dalam fasilitas pabrik di Shanghai, China itu menggunakan platform produksi MEB.

Produksi penuh dari lini kendaraan VW ID di pabrik Anting, Shanghai itu akan menyentuh angka 300.000 unit kendaraan per tahun. Berdasarkan rilis resmi dari VW, target kendaraan model VW ID keluar untuk kali pertama dari pabrik itu pada Oktober 2020 mendatang.

 Volkswagen produksi mobil listrik

Fase awal produksi di fasilitas terbaru ini juga akan membuat varian spesifik lini kendaraan listrik VW untuk pasar Tiongkok. "Dengan kesiapan fasilitas produksi ini, VW yakin dapat mengembangkan potensi serta pertumbuhan pasar kendaraan listrik," ujar CEO VW Tiongkok, Stephan Woellenstein.

 Mobil listrik

Sebelumnya kerjasama VW dengan FAW Group di Tiongkok juga berujung pada pembangunan fasilitas produksi lain. Dengan tambahan pabrik tersebut potensi produksi VW di Tiongkok dapat mencapai 600.000 mobil per hari. Tidak menutup kemungkinan VW juga menggunakan pabrik ini sebagai basis ekspor kendaraan listrik secara global, termasuk ke Indonesia.

Pasar kendaraan listrik di Tanah Air, disebut sudah masuk dalam pantauan VW sejak adanya regulasi percepatan elektrifikasi dari Pemerintah. "Terutama dilihat secara infrastruktur, VW masih melihat Indonesia belum siap untuk mendatangkan mobil listrik," ujar COO PT Garuda Mataram Motor, Jonas Cendhana.

 Mobil listrik

Terlepas dari penilaian pihak prinsipal asal Jerman tersebut, agen tunggal pemegang merek VW di Indonesia itu siap mendorong lini produk mobil listrik masuk ke Indonesia. "Kalau nama Indonesia sudah masuk daftar pantauan, seiring kesiapan fasilitas di Tanah Air, mobil listrik sudah siap masuk," kata Jonas.

Berpegang pada kondisi saat ini, Indonesia bisa menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang menjadi tujuan pemasaran lini mobil VW ID. "Untuk sementara memang belum ada negara yang dipantau selain Indonesia. Kalau sudah siap bisa jadi kita tinggal minta," kata Jonas kepada Okezone Otomotif di kawasan Senayan, Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini