nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerdas! Gadis 14 Tahun Ini Berhasil Menemukan Solusi Menghilangkan Blind Spot

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 11 November 2019 20:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 11 52 2128525 cerdas-gadis-14-tahun-ini-berhasil-menemukan-solusi-menghilangkan-blind-spot-y3l5sIWump.jpg Gassler teknologi solusi blind spot pada pilar (foto: Ist)

PENNSYLVANIA - Blind spot sering menjadi penyebab terjadinya sebuah kecelakaan. Kondisi tersebut dapat dikatakan pula sebagai area no-zone, artinya ada beberapa bagian kendaraan yang luput dari penglihatan pengemudi. Namun kini, masalah tersebut dapat diatasi dengan penemuan menakjubkan dari gadis asal Pennsylvania yang telah berhasil merancang sebuah prototipe untuk solusi blind spot pada mobil.

Alaina Gassler, Gadis berusia 14 tahun inilah yang telah berhasil menemukan solusi untuk menghilangkan blind spot di pilar A sebuah mobil. Proyek yang diberi nama “Improving Automobile Safety by Removing Blind Spots” milik Gassler ini mampu mengalahkan peserta lainnya pada ajang kompetisi yang diadakan oleh Broadcom MASTERS (Math, Applied Science, Technology, and Engineering for Rising Stars) untuk siswa sekolah menengah dari Society for Science and Public.

Blind spot

Dalam penemuannya, Gassler menggunakan webcam, proyektor dan materi cetak 3D untuk mengisi ruang yang dibloki oleh pilar A. Dimana kamera web tersebut dipasangkan di body luar mobil dan menampilkan video langsung ke dalam melalui proyektor yang terpasang pada bagian atas atap kursi pengemudi. Tak hanya itu, Gassler melapisi kain reflektif retro untuk mengatasi masalah dengan proyeksi gambar pada bagian interior mobil.

Teknologi Blind Spot

Materi rancangan gadis usia belia ini hanya mengandalkan proyektor untuk memantulkan cahaya kembali ke sumber cahaya. Proyektor ini dapat digunakan pengemudi sebagai alat untuk melihat situasi jalanan secara jelas, sedangkan penumpang hanya dapat melihat sebuah selembaran kain hitam pada pilar A tersebut.

Teknologi Blind Spot

Sejauh ini belum dipastikan apakah ide Gassler akan memiliki peluang kedepannya atau akan tetap menjadi prototipe saja? Entahlah, namun yang jelas proyekan Gassler ini berhasil membawa uang senilai USD 25.000 atau sekitar Rp 351 juta.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini