nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenaikan BBN-KB Mulai Diberlakukan 11 Desember 2019

Mufrod, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 14:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 12 52 2128815 kenaikan-bbn-kb-mulai-diberlakukan-11-desember-2019-Q3w2yGuIje.jpg Ilustrasi surat tanda kendaraan bermotor (foto: Ist)

JAKARTA - Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 mengenai penyesuaian tarif Bea Balin Nama Kendaraa Bermotor (BBN-KB) sudah resmi ketuk palu. Dengan aturan baru ini, pemilik kendaraan baru akan dibebankan biaya tambahan BBN-KB yang awalnya 10 persen kini naik menjadi 12,5 persen.

Peraturan terbaru tersebut akan mulai diberlakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai 11 Desember 2019. Dimana seluruh kendaraan baru akan dibebani dengan tambahan BBN-KB yang lebih besar dari sebelumnya.

 BBN-KB

Berdasarkan perubahan aturan ini, penerapan tarif BBN-KB dalam penjelasan umumnya dimaksudkan selain untuk mengatasi kemacetan juga sebagai potensi penerimaan daerah dan dalam rangka untuk menghindari ditetapkannya tarif pajak yang tinggi dan di luar kewenangan yang diberikan.

 BBN-KB

Sehingga dapat menambah beban kepada masyarakat. Memperhatikan dan mempertimbangkan penerapan tarif BBN-KB yang masih rendah dan daya beli masyarakat terhadap penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor yang terus meningkat merupakan salah satu faktor penyumbang kemacetan lalu lintas yang semakin tinggi.

Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengenaan tarif BBN KB terhadap dampak kemacetan lalu lintas, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memandang perlu untuk melakukan penyesuaian tarif BBN-KB yang lebih proporsional dengan tujuan diantaranya adalah mengatasi kemacetan lalu lintas.

 BBN-KB

Serta bertujuan untuk tidak mematikan sektor industri otomotif dan memanfaatkan hasil penerimaan BBN-KB untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta moda dan sarana transportasi umum.

Dengan diberlakukannya Peraturan Daerah ini, diharapkan dapat memberikan kepastian dan tanggung jawab kepada masyarakat dan dunia usaha dalam keikutsertaan berkontribusi mengatasi kemacetan lalu lintas di DKI Jakarta yang semakin tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini