nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitsubishi Xpander Cross Dianggap Mampu Serobot Konsumen Low SUV, Ini Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 12 52 2129032 mitsubishi-xpander-cross-dianggap-mampu-serobot-konsumen-low-suv-ini-alasannya-pwuq04p9Bm.jpg Varian terbaru Mitsubishi Xpander Cross meluncur pada Selasa (12/11/2019) di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Penonjolan karakter kendaraan petualang dalam varian Mitsubishi Xpander Cross, rupanya memiliki tujuan tersendiri. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyasar pasar konsumen kendaraan low-SUV yang secara tidak langsung berpotongan dengan konsumen Small MPV Xpander.

Penempatan posisi Mitsubishi Xpander Cross sebagai varian tertinggi sendiri, diakui akan menggoda konsumen potensial dari varian lini saudaranya. "Kanibalisasi konsumen tidak bisa dihindari, tetapi tidak diharapkan banyak terjadi pada produk ini," ujar Director Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro.

 Mitsubishi Xpander

Pertaruhan MMKSI dengan menghadirkan varian anyar ini, berdasar kebiasaan konsumen membandingkan produk dengan jenis Low SUV, selain sesama kompetitor di kancah Small MPV. "Sekarang kita punya yang lebih SUV, karena konsepnya mengombinasikan kenyamanan dan lega serta desain lebih off road," ujar Irwan menambahkan.

Dengan pengenalan varian tertinggi ini, ada harapan peningkatan volume penjualan Xpander secara keseluruhan. "Dengan tambahan varian Xpander Cross ini targetnya menembus 7.000 unit per bulan, dari sekitar 5.500 unit model Xpander saat ini," kata Irwan.

Pemilihan pemambahan varian di kelas atas menjadi opsi yang diambil oleh Mitsubishi ketimbang menyediakan pilihan mesin baru berkapasitas lebih kecil seperti kompetitor segmen MPV. "Ceruk pasar yang kami sasar adalah konsumen segmen atas, sementara pilihan mesin kecil tidak sesuai dengan hal tersebut," ujar Irwan kepada awak media.

Secara umum penempatan varian ini memiliki dasar mesin sama dengan mengetengahkan kekuatan SUV, berikut fitur seperti struktur bodi dan suspensi berbeda dibandingkan Xpander versi MPV. Konsumen tidak bisa dengan mudah melakukan penambahan komponen aftermarket untuk menyamai model ini.

 Mitsubishi Xpander

Mitsubishi mengklaim pemesanan varian Mitsubishi Xpander Cross sudah dapat dilakukan oleh konsumen melalui diler di berbagai wilayah Tanah Air. Terseida tiga varian yakni Xpander Cross MT, AT, dan Paket Premium AT dengan banderol mulai Rp267,7 juta hingga Rp286,7 juta untuk wilayah Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini