Tips Mengatasi Microsleep saat Berkendara Jauh

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 12:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 13 52 2129246 tips-mengatasi-microsleep-saat-berkendara-jauh-TpS8ejM8cH.jpg Ilustrasi seorang pengendara tengah tertidur dalam mobilnya (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan berkendara tentunya diperlukan juga kondisi stamina dan fisik yang memadai, agar perjalanan menjadi nyaman sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Resiko besar dapat terjadi suatu waktu ketika berkendara dengan jarak tempuh yang jauh, salah satunya yang sering dialami yakni Microsleep. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan bagi para pengemudi jika dibiarkan saja. Resiko terjadinya kecelakaan sangat besar, bahkan tak jarang hingga merengut korban jiwa.

 Lalu Lintas

Ada kiat bagi para pengendara dapat mengantisipasi terjadinya Microsleep yang terjadi ketika berkendara. Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu menungkapkan terdapat beberapa tips ampuh untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

Beberapa tips tersebut dibagi menjadi dua yakni ketika persiapan sebelum berkendara dan saat berkendara.Ketika sebelum menempuh perjalanan jauh, seorang pengendara sebaiknya memiliki istirahat yang cukup agar selama diperjalanan tidak mudah lelah dan mengantuk.

Selain itu perhatikan juga konsumsi makanan dan nutrisi yang cukup agar dapat menjaga kondisi kesehatan selama berkendara jauh, serta mengecek kondisi kesehatan agar tetap bugar. Kemudian ketika sedang berkendara, dirinya menyarankan bagi para pengemudi untuk beristirahat sejenak minimal setiap dua jam sekali.

Ketika melakukan istirahat pertama setelah dua jam menempuh perjalanan, lakukan istirahat selama 15 menit untuk meregangkan badan agar badan tidak mudah letih dan kembali bugar. Jusri menyebut tidak perlu menunggu waktu selama dua jam berkendara untuk beristirahat, jika ketika mengemudi sudah menunjukan tanda-tanda lelah maka segera menepi.

 Lalu Lintas

Jusri juga menambahkan untuk menciptakan susana yang nyaman saat berkendara agar tidak mudah bosan ketika berkendara."Buat suasana yang nyaman disaat berkendara agar otak dan pikiran tetap bugar dan tidak stress menghadapi perjalanan jauh," ujarnya.

Jusri pun menyarankan agar ketika melakukan perjalanan jauh untuk menghindari memulai di malam hari, sebab berbagai faktor dapat terjadi yang menyebabkan kecelakaan. "Usahakan juga untuk tidak berkendara di malam hari karena waktu tersebut dipergunakan untuk beristirahat, dampaknya dapat menyebabkan stamina menurun sehingga berbahaya," tuturnya.

 Lalu Lintas

Tentunya dengan menerapkan beberapa tips diatas dapat meminimalisir terjadinya hal seperti Microsleep saat berkendara. Namun jangan lupa juga untuk selalu mengecek kembali kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini