nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelontorkan Investasi Rp500 Miliar, MMKI Ditargetkan Buat 160 Ribu Unit Xpander di 2020

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 15:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 13 52 2129379 gelontorkan-investasi-rp500-miliar-mmki-ditargetkan-buat-160-ribu-unit-xpander-di-2020-xycW1CXTto.jpg Mitsubishi Xpander Cross diluncurkan pada Selasa 12 November 2019 lalu di Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Fasilitas pabrik Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia di Indonesia, dirasa penting sebagai basis produksi global. Terutama dengan peluncuran model Mitsubishi Xpander Cross, yang lahir dari fasilitas produksi itu serta diekspor menuju 13 negara tujuan.

Nantinya target tujuan ekspor itu akan bertambah menjadi 40 negara, seiring pertambahan investasi yang dilakukan Mitsubishi Motors. "Total investasi yang kami kucurkan untuk Xpander Cross mencapai Rp500 Miliar," ujar CEO Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato.

 Mitsubishi Xpander

Gelontoran dana ini digunakan untuk menggenjot kapasitas produksi secara total, khususnya model Mitsubishi Xpander dalam fasilitas pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). "Secara total kapasaitas produksi naik jadi 220.000 unit, dengan produksi Xpander di angka 160.000 unit per tahun," ujar Kato.

Terlepas dari hilangnya salah satu negara pasar di ASEAN, dengan keputusan Mitsubishi Vietnam merakit model Xpander secara mandiri diyakini akan segera terganti dengan minat negara lain. Terutama bagi kawasan yang berpotensi jadi tujuan pengiriman Mitsubishi Xpander.

Upaya peningkatan produksi kendaraan dalam pabrik MMKI tersebut dijadwalkan bermula pada 2020. "Saya sudah melakukan perjalanan ke sejumlah negara di Asia Tenggara serta pasar Tiongkok yang menginginkan Xpander. Namun, saya akan terus mendengarkan kebutuhan Xpander di luar wilayah tersebut," ucap Kato.

Kato yang baru menjabat sebagai CEO Mitsubishi MOtors sejak pertengahan 2019 lalu, juga menanggapi wacana pembuatan pusat penelitian dan pengembangan produk Mitsubishi. Fasilitas tersebut sempat diwacanakan oleh pejabat sebelum Kato, Osamu Masuko.

 Mitsubishi Xpander

Menurut Kato, fasilitas penelitian dan pengembangan (R&D) memang penting bagi kemunculan produk Mitsubishi ke depannya. "Namun, untuk sementara ini belum ada rencana khusus untuk Indonesia. Bagi kawasan ASEAN sendiri sudah ada fasilitas serupa di Bangkok, Thailand," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini