nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunci Mobil Digital Kini Makin Canggih, Bisa Buka Pintu Mobil Meski Ponsel Mati

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 18:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 13 52 2129481 kunci-mobil-digital-kini-makin-canggih-bisa-buka-pintu-mobil-meski-ponsel-mati-nAC04lcXWd.jpg Teknologi kunci mobil digital (foto: Ist)

NEW YORK – Teknologi kunci mobil digital dipastikan akan semakin canggih setelah Car Connectivity Consortium mengumumkan telah menyelesaikan standarisasi dari generasi terbaru teknologi ini, demikian dilaporkan CarScoops.

Teknologi yang disebut sebagai Digital Key Release 2.0 ini akan merampungkan perancangan spesifikasinya akhir tahun ini dengan menggunakan “arsitektur terukur sehingga dapat digunakan secara luas.”

 Kunci mobil digital

Kunci digital terbaru ini akan menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) dan menggunakan chip keamanan yang terpisah dari sistem operasi smartphone. Penggunaan chip terpisah ini akan memberikan keuntungan seperti keamanan yang lebih terjamin dan kemampuan untuk menggunakan kunci digital meski pun smartphone dalam keadaan mati karena baterai habis.

 Kunci digital

Peningkatan ini dipastikan akan membuat banyak pabrikan mengadopsi kunci digital untuk kendaraan mereka karena teknologi kunci digital saat ini masih membutuhkan smartphone untuk terus aktif. Dengan kunci digital terbaru ini, maka pengemudi tak akan kesulitan mengakses kendaraan mereka jika smartphone mereka kehabisan baterai.

Konsorsium ini juga tengah bekerja untuk merampungkan Digital Key Release 3.0 yang akan menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti Bluetooth Low Energy dan Ultra-Wideband. Penggunaan 2 konektivitas ini akan membuat ke depannya pengemudi tak perlu lagi mengeluarkan ponselnya untuk membuka kendaraan. Nantinya, pengemudi cukup mengantongi ponsel untuk bisa mengakses kendaraan.

 Kunci pintu digital

Belum diketahui kapan pabrikan kendaraan akan mulai meluncurkan mobil dengan spesifikasi kunci digital terbaru ini. Namun Car Connectivity Consortium memiliki lebih dari 100 anggota seperti BMW, GM, Honda, Hyundai, Jaguar Land Rover, Mercedes, PSA, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Volvo. Konsorsium ini juga memiliki anggota dari perusahaan teknologi seperti, Apple, Google, HTC, LG, Panasonic, Qualcomm, dan Samsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini