nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Libur Akhir Tahun Perhatikan Risiko Sindrom Highway Hypnosis

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 06:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 13 52 2129536 jelang-libur-akhir-tahun-perhatikan-risiko-sindrom-highway-hypnosis-KJGPAGaP4A.jpg Mengemudi di jalan panjang bisa sebabkan kejenuhan (foto: Ist)

JAKARTA - Berkendara dengan menempuh perjalanan yang jauh tentunya diperlukan kondisi mobil yang prima agar perjalanan menjadi lancar. Namun tak hanya itu, kondisi fisik dan mental pengendara juga harus menjadi perhatian.

Banyak pengendara yang menyepelekan masalah kondisi stamina dan fisik ketika sebelum berkendara, baik berkendara dalam jarak dekat maupun jauh. Sehingga tak jarang kecelakaan sering terjadi akibat pengendara mengalami kelelahan.

 Mudik jalan panjang

Resiko yang sering menimpa para pengendara ketika menempuh perjalanan jauh yakni sindrom Highway Hypnosis, kondisi ini sering dialami para pengendara karena menempuh perjalanan yang jauh serta kondisi jalan yang lurus.

 Mengemudi di jalan panjang

Akibatnya pengendara menjadi kehilangan konsentrasi dan terkadang kehilangan kesadaraan sesaat akibat terlalu lama menatap jalanan yang lurus dan panjang.

Selain itu pengendara juga sering mengalami Microsleep, yakni suatu kondisi dimana seorang pengendara merasakan tertidur sejenak karena berkendara dalam kondisi sudah lelah tanpa beristirahat sejenak.

Seperti yang diungkapkan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan resiko kecelakaan yang diakibatkan sindrom Highway Hypnosis maupun Microsleep sangatlah besar.

 Jalan lurus panjang

"Tentunya resiko yang dihadapi sangat besar. Terlebih jika berkendara di jalan tol dengan kecepatan tinggi, ketika mata terpejam dalam hitungan sedetik saja maka mobil bisa saja melenceng dari jalur," ujarnya ketika diwawancara oleh Okezone.

Dirinya juga mengungkapkan perlunya kedisplinan dan kesadaran diri bagi para pengemudi untuk menepi sesaat ketika badan sudah lelah dan mata mulai mengantuk.

 jalan panjang

"Bagi pengendara harus bijaksana ketika sedang mengemudi, kalau memang sudah lelah maka menepilah sebentar dan beristirahat, jangan dipaksakan," lanjutnya.

Maka sangat penting bagi para pengendara untuk selalu memerhatikan kondisi badan agar selalu tetap prima, sehingga perjalanan menjadi lancar dan terhindar dari resiko yang tak diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini