Share

Tesla Siapkan Rencana Bangun Gigafactory 4 di Jerman

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 52 2130115 tesla-siapkan-rencana-bangun-gigafactory-4-di-jerman-IwjclYHGyL.jpg Ilustrasi proses produksi Tesla di Gigafactory Shanghai (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BERLIN - Kabar mengenai kesiapan fasilitas manufaktur baru Tesla untuk pasar Eropa yakni Tesla Gigafactory 4 menguat. CEO produsen mobil listrik asal Amerika Serikat itu, Elon Musk, menyebut akan membangun pabrikan yang tak jauh dari bandara baru Berlin Brandenburg, Jerman

Gigafactory Eropa sendiri dijanjikan baru akan berjalan pada tahun 2021 mendatang,  pabrikan ini akan dijadikan lokasi untuk memproduksi model Y. Selain itu, GF4 juga akan memproduksi baterai dan juga powertrain. Tesla melaporkan bahwa akan mempekerjakan sekitar 10.000 karyawan baru untuk memproduksi rancangan mobil listrik dari model Y.

Tesla

Model Y sendiri merupakan proyek terbaru dari Tesla yang mampu mengangkut sebanyak tujuh penumpang. Mobil listrik ini memiliki akselerasi mulai dari 0-60 mph dengan kurun waktu selama 3,5 detik dengan kecepatan terbaik yang dimiliki adalah 130 km/jam.

Sementara model Y juga dilengkapi dengan baterai yang mampu mencapai jarak 300 mil atau 480 km. Selain itu, Tesla juga melengkapi superchargers generasi ketiga yang dapat mengisi daya sebesar 250 kW sehingga model Y ini dapat mengisi selama lima menit dan mampu menempuh jarak sejauh 75 mil.

Bagian interior yang dimiliki model Y ini mirip dengan model 3, dimana Tesla menawarkan layar sentuh 15in tunggal yang mencakup semua kontrol mobil. Terdapat pula perangkat keras yang sama dengan model 3 serta fitur Autopilot didalamnya.

Tesla sebelumnya baru selesai membangun fasilitas produksi dengan investasi USD2 miliar di Tiongkok. Pabrik yang terletak di wilayah Shanghai tersebut akan memproduksi Tesla Model 3 untuk pasar Tiongkok.

Tesla

Informasi yang sempat dikeluarkan oleh laman Bloomberg menyebut, fasilitas produksi Gigafactory 3 Shanghai mampu merakit sekitar 500.000 unit kendaraan per tahun. Namun, Tesla hanya akan menargetkan 10 persen atau 50.000 kendaraan pada tahapan awal operasi pabrik Tiongkok itu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini