Nissan Luncurkan Almera Turbo, di Indonesia Dikenal sebagai Armada Taksi

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 52 2130370 nissan-luncurkan-almera-turbo-di-indonesia-dikenal-sebagai-armada-taksi-P15sCkdUI2.jpeg Tampilan depan Nissan Almera dengan gubahan mesin hybrid (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BANGKOK - Penyegaran pada model sedan Nissan Almera resmi diperkenalkan untuk pasar Thailand pada pekan ini. Poin penting dari peluncuran All New Nissan Almera adalah konfirmasi penggunaan model mesin berkapasitas 1.0 L dengan tambahan komponen turbo pada dapur pacunya.

Mesin dengan tiga silinder bertipe DOHC itu diklaim mampu mencapai kekuatan 100 hp dan torsi puncak menyentuh angka 152 Nm. Tenaga tersebut nantinya tersalur melalui transmisi otomatis CVT serta sistem penggerak roda depan. 

 Nissan

Pemasangan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari edisi Almera sebelumnya tersebut, berdasarkan kebutuha untuk menyesuaikan dengan aturan emisi Ecocar 2 di Thailand. Regulasi tersebut membatasi konsumsi bahan bakar minimum sekitar 23 Km per liter serta emisi karbon 100 gram per kilometer.

Belum diketahui apakah langkah ini selanjutnya juga akan diterapkan untuk mengenalkan unit sedan tersebut ke pasar negara lain di Asia Tenggara. Pasalnya, tidak semua negara memasang standar emisi setara dengan Euro 5 tersebut.

Kendaraan ini diproduksi menggunakan platform CMF-B, sehingga membuatnya berbagi modul produksi dengan Nissan March dan Renault Clio. Dengan ukuran panjang 4.495 mm, lebar 1.740 mm, dan jarak antar sumbu roda sejauh 2.620 mm.

Nissan menyediakan lima trim atau varian Nissan Almera untuk pasar Thailand yakni S, E, EL, V, dan VL. Sedan kelas pemula dalam lini kendaraan Nissan ini, ditawarkan dengan banderol antara 499.000 Baht hingga 639.000 Baht (setara Rp233 juta hingga Rp298 juta).

 Nissan

Untuk pasar Tanah Air, sedan ini banyak beredar sebagai unit untuk sejumlah operator taksi konvensional. Namun, dengan persiapannya memakai mesin berteknologi turno, laman Autoindustriya menyebut sedan ini justru akan berhadapan dengan versi hybrid dari Honda City.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini