Share

Daftar 10 Orang Terkaya dalam Industri Otomotif

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 52 2130532 daftar-10-orang-terkaya-dalam-industri-otomotif-oJYOoFGcuX.jpg Jajaran orang kaya di Industri otomotif (foto: Ist)

JAKARTA - Saat ini dunia otomotif menjadi lahan bisnis yang paling menjanjikan. Pasalnya, kendaraan baik roda dua maupun roda empat, tiap tahun akan terus melakukan pengembangan untuk menggabungkan kendaraan mereka dengan teknologi-teknologi canggih didalamnya.

Dibalik berkembangnya bisnis dalam bidang otomotif, terdapat beberapa nama pesohor besar yang berhasil menambah harta kekayaan miliknya dan masuk sebagai 10 daftar nama orang terkaya dalam dunia otomotif.

 Bos mobil

Posisi pertama ditempati oleh Bill Gates. Beliau merupakan sosok dibalik kesuksesan Microsoft, perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Banyak yang tidak mengetahui bahwa sebagian sumber kekayaan yang dimiliki oleh Gates berasal dari diler mobil milik AutoNation.

Autonation merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di Industri otomotif. Lokasinya sendiri terletak di Fort Lauderdale, Florida dengan total kekayaan yang dikantongi oleh Gates sebesar USD 105 miliar, sementara persen dari total kekayaan bersih yang dimiliki hanya sebesar 9%.

Posisi kedua ada nama Larry Ellison, beliau adalah pemegang saham perusahaan terbesar kedua. Dimana perusahaan yang ia miliki adalah Tesla Inc, namun harta kekayaan yang dimiliki oleh Ellison sepenuhnya bukan dari perusahaan tersebut melainkan Ellison juga menjabat sebagai pendiri dan pemegang saham utama perusahaan database Oracle.

 Ellon Musk

Perusahaan milik Ellison ini berlokasi di Palo Alto, California. Dengan total kekayaan yang dimiliki sebesar USD 58,5 miliar, sementara persenan dari total kekayaan bersih yang ia miliki adalah 1,3%.

Berikutnya ada Elon Musk, siapa yang tak kenal dengan sosok CEO dari perusahaan Tesla Inc ini. Cara kepimpinan yang dimiliki oleh Musk ini sangat visioner, sehingga menjadikan Tesla perusahaan otomotif yang cukup terkenal, dimana perusahaan asal Amerika Serikat ini juga memiliki spesialisasi untuk mobil listrik.

Berangkat dari perusahaan otomotif ini, Musk berhasil mengantongin total kekayaannya sebesar USD 22,9 miliar dengan total kekayaan bersih yang ia miliki 36.9%/.

 Bos Otomotif

Pallonji Mistry, menempati urutan nama keempat sebagai orang kaya di bidang otomotif dengan total kekayaan yang ia miliki sebesar USD 19,7 miliar. Sementara itu, jumlah kekayaan bersih yang ia miliki sebesar 1,5%.

Mistry dan keluarga merupakan pemegang saham di Tata Sons, dimana perusahaan induk dibelakangnya memiliki lebih dari 100 afiliasi dengan pendapatan tahunan sebesar USD100 miliar. Perusahaan yang dijalaninya tersebut dapat mempekerjakan sebanyak 700.000 orang lebih di 100 negara.

 Bos otomotif

Perusahaan utama yang dimiliki Pallonji Mistry sendiri adalah Tata Motors Ltd, yang berlokasi di Mumbai dan tercatat sebagai perusahaan mobil dan kendaraan komersial terbesar di India.

Posisi kelima ada Susanne Klatten, beliau merupakan orang terkaya kedua di Jerman dengan mewarisi kekayaan dari ayahnya. Melalui industrialis Jerman Herbert Quandt ia berhasil mengubah BMW pada saat sedang berjuang menjadi salah satu produsen kendaraan mewah terbesar di dunia.

Sementara itu, Total kekayaan yang dimiliki oleh Klatten mencapai USD 18 miliar, dengan total kekayaan bersih yang sebesar 47,8%. Saham perusahaan yang ia miliki adalah BMW AG, yang berlokasi di Munich.

 Pabrik Tesla

Urutan berikutnya diisi oleh saudara kandung dari Susanne Klatten, Stefan Quandt. Beliau memiliki saham besar di luar bisnis keluarga yang ia miliki seperti perusahaan obat homeopati, Biologische Heilmittel Heel, dan lainnya.

Total kekayaan yang milik Quandt ialah USD14,8 miliar dengan jumlah kekayaan bersih 72,2%. Lokasi perusahaan yang ia pegang sama dengan adiknya, Klatten.

 pabrik mobil

Posisi ketujuh diisi oleh seorang miliader asal Cina, Li Shu Fu. Dengan perusahaan yang ia miliki adalah Geely Automobile Holdings Ltd dan Zhejiang Geely Holding Group.

Li adalah pendiri dari Zhejiang Geely Holding Group, yang merupakan pembuat mobil dan juga beberapa komponen terkait. Total kekayaan yang ia miliki sebesar USD10,6 miliar dengan kekayaan bersih mencapai 99.9%. Perusahaan yang ia miliki tersebut berlokasi di Hangzhou, Cina.

Selanjutnya adalah Georg Schaeffler, yang merupakan ketua sekaligus pemilik dari Schaeffler AG, produsen bantalan bola dan perlengkapan otomotif.

 Pabrik mobil

Perusahaan yang dimiliki oleh Schaeffler ini berbasis di Herzogenaurach, Jerman. Dengan memiliki lebih dari 85.000 karyawan. Sementara itu, total kekayaan yang berhasil ia kantongi sebesar USD7.99 miliar dengan kekayaan bersih mencapai 36,2%.

 Pabrik Mobil

Kemudian, Blair Parry Okeden yang menempati urutan ke sembilan. Beliau merupakan cucu dari James Cox. Parry hampir menguasai 25% dari perusahaan senilai USD21 miliar yang meliputi Kelly Blue Book dan beberapa merek otomotif lainnya.

Blair Parry memiliki perusahaan yang berlokasi di Atlanta, Georgia dengan total kekayaan mencapai USD7.84 miliar dan kekayaan bersih sebesar 21,6%.

Urutan terakhir atau yang ke sepuluh ini ada James Kennedy, sama halnya dengan Blair Parry. Beliau merupakan eksekutif media sekaligus ketua Cox Enterprises asal Amerika.

Perusahaan yang ia miliki tersebut bergerak dalam segmen layanan otomotif, dengan total kekayaan yang berhasil ia kantongi sebesar USD 7.84 miliar. Sementara itu, kekayaan bersih mencapai 21,6%.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini