nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skuter Listrik Makan Korban Jiwa, Polisi: Aturannya Belum Jelas

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 11:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 15 53 2130195 skuter-listrik-makan-korban-jiwa-polisi-aturannya-belum-jelas-eTFQIy8zjy.jpg Sepeda motor listrik Gesits (Foto: Ist)

JAKARTA - Skuter listrik yang disediakan perusahaan jasa belakangan ini tengah marak diperbincangkan, karena telah terjadi peristiwa tabrakan yang menelan korban jiwa. Lantas bagaimana aturan terkait penggunaan skuter listrik di jalan raya atau jalan umum saat ini?

Kasubdit Gakum Dirlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, mengaku masih belum mengetahui pasti terkait aturan untuk skuter listrik yang banyak digunakan warga Jakarta.

 Skuter Listrik

"Kita masih belum mengerti seperti apa aturan yang mereka terapkan, jadi kita panggil juga, mau melihat apa SOP yang mereka terapkan," katanya Jumat (15/11/2019).

Dalam kondisi seperti ini, Polisi menyebutkan peraturan teknis penggunaan skuter listrik sendiri belum dilaporkan ke Kepolisian maupun Kementerian Perhubungan. Sehingga yang mengetahui dan memiliki peraturan tersebut merupakan operator yang menyediakan fasilitas tersebut.

 Skuter listrik

Pemerintah sendiri saat ini telah memiliki peraturan untuk motor listrik yang sama dengan motor konvensional lainnya, namun cakupan aturan tersebut, tidak ditegaskan pada pemberlakuan skuter listrik yang masuk kategori motor listrik atau kendaraan roda dua seperti sepeda.

Peraturan tersebut tertuang dalam Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), terdapat pula pasal 105 yang menegaskan setiap pengguna jalan wajib berlaku tertib dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

 Motor listrik

Kendaraan roda dua listrik sendiri diharuskan mengacu pada aturan yang berlaku pada Pasal 64 ayat 1 dimana setiap kendaraan wajib memiliki registrasi.

Selain itu dalam Peraturan Pemerintah 55 tahun 2012. Pasal 6 disebutkan bahwa setiap kendaraan yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini