nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tenaga Ducati Panigale Ini Capai 300 HP, Ada Campur Tangan Motor Listrik

Ardimo Harsa, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 09:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 53 2130542 tenaga-ducati-panigale-ini-capai-300-hp-ada-campur-tangan-motor-listrik-kIFL1XTr6M.jpg Ducati Panigale Hybrid (foto: ist)

ITALIA – Efesto, sebuah perusahaan asal Italia-Prancis baru-baru ini memperkenalkan sebuah paket konversi hybrid untuk superbike Ducati Panigale 1299. Paket konversi bernama 200Novantanove ini diklaim membuat motor asal Italia tersebut menjadi jauh lebih kencang dan ramah lingkungan.

Dengan tenaga sebesar 205 dk dan torsi 143 nm dari mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.285 cc, Panigale 1299 sudah bisa dianggap kencang. Namun lewat tambahan mesin elektrik dari Efesto, tenaganya kini diklaim meningkat menjadi 300 dk dengan torsi yang turut melonjak menjadi 299 nm.

 Ducati

Dikatakan oleh Managing Director Efesto Luca Morfino, motor elektrik saat ini masih terkendala oleh terbatasnya jarak tempuh dan bobot yang terlalu berat. Maka, Efesto pun memutuskan untuk menambahkan motor listrik yang dapat bekerja bersamaan dengan mesin bensin sehingga tenaga motor bertambah namun juga mengurangi emisi.

 Ducati

Morfino menjelaskan, kedua mesin ini dapat digunakan sendiri-sendiri maupun bekerja sama secara paralel. Menggunakan tombol putar, pengendara bisa memilih mesin mana yang mau digunakan. Misalnya, motor bisa dijalankan dengan motor listrik saja jika bernavigasi di kemacetan atau kedua mesin digunakan bersamaan ketika tengah berkendara jarak jauh untuk menghemat bahan bakar.

Untuk konfigurasi mesin listriknya sendiri terletak di bawah subframe tepat di belakang radiator. Sementara pengisian baterai sendiri dilakukan melakukan proses regenerative brake atau menangkap energi yang terlepas ketika pengereman. Penambahan sistem hybrid ini diklaim hanya menambah bobot motor sebesar 25 kg sehingga berat totalnya menjadi 193,6 kg, demikian dilansir RideApart.

 Ducati

Belum diketahui pasti kapan dan berapa harga dari paket konversi ini. Morfino sendiri telah mengonfirmasi bahwa paket ini hanya akan tersedia untuk seri Panigale seperti 959, 1199, dan 1299.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini