nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengendara Alami Kecelakaan, Begini Cara Dapatkan Santunan Pemerintah

Mufrod, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 17 52 2130932 pengendara-alami-kecelakaan-begini-cara-dapatkan-santunan-pemerintah-dLtBLXFRz9.jpg Kecelakaan di jalan tol (foto: Ist)

 

JAKARTA - Risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya masih tetap menghantui pengendara mobil dan motor. Meski angka kecelakaan tahun ini diklaim menurun, berdasarkan data Korlantas Mabes Polri sebanyak 27.910 orang tewas akibat kecelakaan sepanjang 2018.

Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, jumlah tersebut menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 29.810 jiwa tewas akibat kecelakaan sepanjang 2017. Dengan jumlah yang cukup besar ini, seluruh korban kecelakaan berhak mendapatkan santunan dari pemerintah melalui jasa raharja.

 kecelakaan

Santunan yang didapat korban kecelakaan, merupakan perlindungan yang dibayarkan pemilik kendaraan melalui Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ yang dibayarkan setiap tahunnya.

"Untuk bisa mendapatkan santunan kecelakaan, pemilik kendaaraan yang terdaftar dan membayar SWDKLLJ akan secara otomatis mendapatkan santunan langsung dari Jasa Raharja," ungkap Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi Jasa Raharja, Wahyu Wibowo di Jakarta.

 Kecelakaan lalu lintas

Ia menambahkan, santunan bisa didapatkan kepada seluruh pemilik kendaraan yang terdaftar namun bukan disebabkan karena kecelakaan tunggal. Santunan tersebut akan otomatis diberikan kepada keluarga korban kecelakaan.

Untuk bisa mendapatkan santunan kecelakaan bagi keluarga korban saat ini bisa dilakukan dengan mudah, dimana keluarga korban bisa mengajukan santunan secara online melalui ponsel di aplikasi JRku. Tak hanya santunan pemilik kendaraan bisa melakukan pengecekan masa berlaku SWDKLLJ.

Tak hanya itu, aplikasi besutan Jasa Raharja ini juga akan memberikan informasi terkait jalan yang dinilai rawan kecelakaan, agar bisa dihindari atau menjadi titik waspada bagi pengendara mobil dan motor yang akan melintas. Pengendara juga bisa mengakses informasi terkait adanya kecelakaan di jalan raya sebagai informasi bagi pengendara lain dan masyarakat.

 Kecelakaan lalu lintas

Pembayaran SWDKLLJ sendiri diatur Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2008, dimana pemilik kendaraan sepeda motor 50-250 cc dikenakan Rp32 ribu, sepeda motor di atas 250 cc Rp80 ribu, dan mobil penumpang Rp140 ribu.

Dalam aturan tersebut pengendara sepeda motor dan mobil yang mengalami kecelakaan akan diberikan santunan maksimal sebesar Rp50 juta untuk korban yang mengalami cacat dan santunan meninggal Rp50 juta kepada ahli waris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini