nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komunitas SSFC Kampanyekan Bahaya Microsleeping yang Kerap Hantui Bikers

Medikantyo, Jurnalis · Senin 18 November 2019 21:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 199 2131471 komunitas-ssfc-kampanyekan-bahaya-microsleeping-yang-kerap-hantui-bikers-3E2H05xG59.jpg Kegiatan diskusi mengenai bahaya microsleeping pada pengendara motor (Foto: Okezone.com/Istimewa)

DEPOK - Fenomena microsleeping atau kehilangan konsentrasi hingga tertidur sekejap, tidak disangkal menghantui keselamatan pengguna kendaraan bermotor. Seringkali pengendara yang mengalami microsleep kehilangan kendali dan berujung pada kecelakaan di jalan raya.

Masalah ini menjadi perhatian bagi komunitas Suzuki Satria Fans Club (SSFC) saat menggelar diskusi bersama pada akhir pekan lalu, di kawasan Depok, Jawa Barat. Acara ini turut menghadirkan pembicara dari praktisi kesehatan dr. Gia Pratama dan pemerhati keselamatan berkendara, Yogie Baskoro.

 Komunitas Motor

Perhatian serta pemahaman pengendara terhadap gejala microsleeping diharapkan mengurangi dampak fatal dari insiden yang berawal dari fenomena tersebut. Terlebih, bahwa rasa lelah dan kantuk dapat muncul kapan saja saat pengendara roda dua berada di jalan raya.

Gejala sangat mungkin muncul saat pengendara kelelahan secara fisik, stress, maupun hipersomnia. "Kalangan bikers rentan mengalami microsleeping, karenanya dalam ajang silaturahmi ini sekaligus bersama-sama belajar menjaga keselamatan berkendara," ujar Ketua Korwil SSFC Cileungsi, Ilham Farizqi.

Pentingnya konsentrasi berkendara sendiri juga diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Berdasarkan bunyi Pasal 106 terdapat aturan bagi pengemudi wajib berkendara dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Regulasi tersebut memiliki sasaran kepada pengemudi dengan potensi gangguan perhatian karena kondisi fisik, seperti sakit, lelah, maupun mengantuk. Begitu juga kegiatan seperti mengonsumsi obat dan minuman beralkohol sehingga berpotensi menghilangkan konsentrasi berkendara.

 Komunitas Motor

Harapannya anggota komunitas maupun hadirin bisa mengantisipasi potensi bahaya saat mulai lelah selama berkendara. "Melalui acara ini setidaknya para bikers mengetahui gejala dan bahaya microsleeping dan mengatasinya," ujar anggota SSFC dan Ketua Pelaksana Kegiatan, Angga Naryadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini