nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Harga Murah, Toyota Siap Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Senin 18 November 2019 12:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 18 52 2131204 kejar-harga-murah-toyota-siap-produksi-mobil-listrik-di-indonesia-fjt6QTwrKc.jpg Ilustrasi perakitan mobil di lini produksi Toyota (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Langkah untuk menyediakan kendaraan elektrifikasi dengan harga lebih terjangkau sedang diupayakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Salah satunya dengan mengusulkan model kendaraan berteknologi listrik untuk diproduksi secara lokal.

Saat ini rentang harga kendaraan berteknologi elektrifikasi masih berada di kisaran Rp500 juta, berada di luar keterjangkauan segmen konsumen terbesar Toyota. Penurunan harga lebih jauh juga dimungkinkan dengan penerapan skema pajak terbaru berdasar Peraturan Pemerintah.

 Toyota

Konsep produksi model mobil berteknologi elektrifikasi di Indonesia sendiri sudah menjadi tekad Toyota kepada Pemerintah. "Sudah ada permintaan dari kami mengenai hal tersebut, juga sudah ada komitmen dari prinsipal terkait produksi itu," ujar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Studi mengenai kemungkinan produksi model kendaraan listrik ini, disebut Jimmi sudah dilakukan seiring dengan adanya proposal perakitan kendaraan listrik di Tanah Air. "Tidak bisa kami sampaikan modelnya apa dengan melihat kemungkinan segmen apa yang memungkinkan untuk dibuat," kata Anton kepada Okezone.

Sejauh ini, Toyota telah memperkenalkan sejumlah model kendaraan elektrifikasi dengan teknologi mesin hybrid di Tanah Air. Model itu antara lain Toyota CH-R, Toyota Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, hingga terbaru Toyota Corolla Altis Hybrid.

Kendala harga jual masih mengiringi peredaran lini model kendaraan hybrid Toyota tersebut. Pasalnya sebagian besar unit masih didatangkan secara impor utuh (CBU) oleh TAM. Sehingga, proposal perakitan secara lokal diharapkan bisa menekan harga.

Toyota

Paningkatan pamor kendaraan elektrifikasi juga menjadi dorongan bagi TAM dalam mengajukan keinginan membangun produknya secara lokal di Tanah Air. "Sekarang mulai ada minat dari konsumen retail juga perusahaan untuk mobil berteknologi baru," ujar Anton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini