nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kamera Pendeteksi Panas, Tunjukkan Beda Efisiensi Mobil Listrik dengan Konvensional

Ardimo Harsa, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 01:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 18 52 2131454 kamera-pendeteksi-panas-tunjukkan-beda-efisiensi-mobil-listrik-dengan-konvensional-eqOTcT3ljd.jpg Perbedaan mobil listrik dengan konvensional secara efisiensi (foto: Ist)

LONDON – Mobil elektrik kerap disebut sebagai salah satu solusi kendaraan yang ramah lingkungan dan efisien dalam pemakaian energi. Meski sudah banyak perhitungan angka yang membenarkan pernyataan ini, namun tak banyak yang tahu seberapa besar sebenarnya energi yang dilepas oleh mobil elektrik.

Kanal Youtube Fully Charged pun mencoba melakukan sebuah eksperimen yang membandingkan seberapa besar energi panas yang dilepaskan oleh mobil elektrik dengan mobil bermesin konvensional yang menggunakan bahan bahar minyak.

 Mobil listrik

Dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube mereka, Dr. Helen Czerski melakukan pengetesan seberapa besar panas yang dilepaskan oleh kendaraan tersebut menggunakan sebuah kamera pendeteksi panas. Sebagai perwakilan mobil elektrik, dipilih sebuah Nissan Leaf. Sementara untuk mewakili mobil bermesin konvensional, sebuah Ford Focus diesel digunakan dalam eksperimen ini.

 Mobil listrik

Agar kedua mobil menghasilkan panas, kedua mobil ini dibawa berjalan selama beberapa putaran. Setelah itu, Dr. Helen melakukan pengukuran panas di beberapa bagian, seperti kap mesin, kolong mobil, hingga bagian belakang mobil.

Hasilnya, mobil bermesin konvensional tercatat menghasilkan energi panas yang lebih besar, terlebih di bagian kap mesin, di mana kamera pendeteksi panas menunjukan bagian kap mesin cukup terang sebagai indikator bagian tersebut memiliki panas yang cukup tinggi.

 mobil listrik

Sementara mobil elektrik justru menghasilkan panas lebih besar di bagian interior. Dalam pengujian tersebut juga terlihat bahwa mobil elektrik melepas panas di bagian bawah kendaraan, seperti di bagian baterai, motor listrik, dan juga rem.

Namun apa bila dibandingkan dengan energi panas yang dilepaskan oleh mobil bermesin konvensional, tentunya panas yang dihasilkan mobil elektrik ini jauh lebih rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini