nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negara Ini Rasakan Manfaat Penggunaan Motor Listrik, Terhindar dari Krisis BBM

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Senin 18 November 2019 14:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 18 53 2131258 negara-ini-rasakan-manfaat-penggunaan-motor-listrik-terhindar-dari-krisis-bbm-I1IrpdQriD.jpg Kendaraan motor listrik di Kuba bantu penghematan BBM (Foto: Okezone.com/Istimewa)

HAVANA - Hadirnya sepeda motor listrik menyelamatkan warga Kuba dari krisis bahan bakar. Hal ini bersamaan dengan sepeda motor listrik buatan Cina yang dibanderol dengan harga yang relarif murah, yakni antara USD 1.800-2.300 atau sekitar Rp25-32 juta. Harga tersebut enam kali lipat lebih murah dibandingkan harga sepeda motor bertenaga bensin yang ada di Kuba.

Berkembangnya sepeda motor listrik saat ini seakan menjadi solusi bagi warga Kuba untuk membangun kembali perekonomiannya, dimana AS pernah membatasi Kuba untuk melakukan impor minyak.

 Motor Listrik

Kendaraan ramah lingkungan ini pertama kali dilisensikan untuk impor pada tahun 2013 dengan kecepatan maksimum yang dimiliki sepeda motor listrik adalah sekitar 50 kilometer per jam. Kemudian, sejak saat itu kendaraan tersebut berlipat ganda di beberapa jalan, khususnya kota terbesar seperti Havana.

Pihak pemerintahan Kuba menyatakan bahwa ada sekitar 210.000 sepeda motor listrik yang saat ini digunakan. Angka tersebut diperkirakan akan naik, hal tersebut dikarenakan pemerintah pada akhir Oktober mulai menjualnya seharga USD 1.700 atau sekitar Rp 23 juta.

Meski dianggap sebagai penyelamat, tercatat sebanyak 7.000 kecelakaan yang terjadi di jalan melibatkan sepertiga populasi sepeda motor listrik di negara tersebut.

Angka tersebut terbilang wajar, pasalnya kecelakaan sering terjadi karena faktor pengendara. Seperti insiden dengan penjalan kaki yang hendak menyeberang atau berada di pinggiran jalan.

 Motor Listrik

Hal tersebut tidak menafikan fakta lebih banyak manfaat kehadiran motor listrik dirasakan oleh warga Kuba. Bersamaan dengan ketersediaan koneksi internet, dimana koneksi tersebut dapat membantu menciptkan klub motor listrik online di Kuba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini