nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringatan Hari Keselamatan Jalan Raya, RSA: Tiga Nyawa Melayang Setiap Jam

Medikantyo, Jurnalis · Senin 18 November 2019 21:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 18 53 2131446 peringatan-hari-keselamatan-jalan-raya-rsa-tiga-nyawa-melayang-setiap-jam-YRGwTGwXG8.jpg Peringatan Hari Mengenang Korban Kecelakaan di Jalan Global dari LSM asal Indonesia, RSA (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Kasus kecelakaan lalu lintas dengan dampak korban jiwa seperti rutin terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Peningkatan angka pengguna jalan tidak berbanding lurus dengan pemahaman serta kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, yang sering berujung dengan insiden fatal.

Secara global upaya penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan ajakan menggaungkan keselamatan berkendara terus berlanjut. Termasuk dengan penetapan 17 November sebagai Hari Mengenang Korban Kecelakaan di Jalan (WDOR) untuk menekan angka fatalitas pengguna jalan.

 Lalu Lintas

Semangat serupa dimiliki oleh lembaga Road Safety Association (RSA) Indonesia, yang menggelar acara peringatan WDOR pada akhir pekan lalu. Kegiatan peringatan dan sosialisasi WDOR tersebut berlangsung di kawasan perempatan Jatiwaringin, Pangkalan Jati, Jakarta Timur.

RSA menyuarakan adanya sikap saling menghormati antar tiap pengguna jalan baik pengendara motor, mobil, sepeda, maupun pejalan kaki. "Kami mengajak masyarakat maupun pengguna jalan untuk hilangkan friksi untuk mencegah kecelakaan dengan mematuhi peraturan lalu lintas," ujar Rio dari RSA.

Gelaran tersebut dihadiri puluhan peserta dari berbagai elemen komunitas pengguna jalan hingga pengemudi ojek online dan relawan ranjau paku. Begitu juga sejumlah instansi seperti Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Kementerian Kesehatan.

Terdapat juga agenda mengampanyekan deklarasi tentang keselamatan pengguna jalan secara global. Deklarasi ini menyatakan dukungan 'Commit To Act' yaitu program PBB dalam menurunkan angka fatalitas kecelakaan di jalan hingga 50 persen pada 2030 nanti.

 Lalu Lintas

Deklarasi tersebut akan dibawa menuju pertemuan Keselamatan Jalan Sedunia di Swedia pada 18 Februari 2020. "Terima kasih kepada rekan yang hadir dan melibatkan diri mengajak pengguna jalan berperilaku aman dan selamat dalam kesempatan kali ini," kata Rio.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini