nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Anggap Kapasitas Penumpang Masih Jadi Kunci Persaingan Segmen SUV

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 14:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 19 52 2131749 toyota-anggap-kapasitas-penumpang-masih-jadi-kunci-persaingan-segmen-suv-9wfzbCcVi3.jpg Toyota Rush (foto: Ist)
 

JAKARTA - Toyota Astra Motor (TAM) memperhatikan pergerakan kenaikan minat konsumen kendaraan roda empat Indonesia pada segmen SUV. Begitu juga adanya pergeseran berupa pembelian model kendaraan tersebut dengan motif mengganti varian atau peningkatan kualitas kendaraan pribadi dari konsumen.

Faktor yang memengaruhi pergeseran itu adalah dasar pertimbangan masyarakat, berupa sisi akomodatif beserta kenyamanan kendaraan secara keseluruhan. Baru mengambil keputusan untuk membeli dengan membandingkannya dengan keterjangkauan harga produk tersebut di pasaran.

 Toyota Rush

Pertimbangan mengenai kapasitas penumpang serta fungsionalitas ini diprediksi masih akan berlangsung beberapa tahun ke depan. "Kendaraan tujuh penumpang saya rasa masih akan mendominasi. Hanya pelanggan juga menginginkan adanya tampilan gagah dan itu ada di model SUV," ujar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

 Produk SUV Wuling

Anggapan tersebut selaras dengan tren kenaikan pangsa pasar kendaraan golongan SUV selama beberapa tahun terakhir. "SUV secara segmentasi trennya meningkat dari lima tahun lalu 11 persen, sekarang 17 mendekati 20 persen. Segmen ini akan menarik ke depannya," kata Anton kepada Okezone Otomotif.

Permintaan konsumen terhadap kendaraan berkarakter SUV dengan kapasitas tujuh penumpang sudah disanggupi oleh produsen. Yakni dengan menghadirkan pembaruan pada model Toyota Rush generasi terbaru yang menitikberatkan pada akomodasi penumpang. Langkah yang terbukti menyedot juga konsumen Toyota dari segmen MPV untuk beralih.

 Toyota Raize

Dari segi kontribusi terhadap penjualan Toyota Rush sendiri, konsumen dengan motif replacement turut terbaca oleh TAM. "Pelanggan seperti itu sudah banyak dari dulu. Walaupun konsumen yang memilih Toyota Rush sebagai mobil pertama masih mendominasi sekitar 40 sampai 50 persen," ujar Anton menjelaskan.

  Toyota Fortuner

Toyota akhirnya melihat persaingan menarik konsumen di antara segmen MPV dan SUV ini akan tetap mengacu pada pemenuhan kebutuhan akomodasi kendaraan masyarakat. "Secara segmen peningkatan SUV yang paling besar tujuh penumpang, karena varian lain meningkat tapi tidak stabil," ujar Anton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini