Pirelli Ciptakan Ban dengan Sinyal 5G, Simak Fungsinya

Reven Rumenige, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 20 52 2132166 pirelli-ciptakan-ban-dengan-sinyal-5g-simak-fungsinya-38VMh2WSdW.jpg Ban mobil Pirelli dengan teknologi sinyal 5G (foto: Ist)

MILAN - Salah satu perusahaan ban ternama seperti Pirelli kali ini mencoba untuk mengeluarkan inovasi luar biasa untuk bannya. Memang jarang ditemukan inovasi anyar pada ban, dan menariknya Pirelli berusaha mengeluarkan ban yang mampu terkoneksi pada jaringan 5G.

Seperti dilansir situs rushlane, ban yang terkoneksi pada jaringan 5G ini diberi nama Pirelli Cyber ​​Tyre. Inovasi yang teraplikasi pada Cyber Tyre ini rupanya muncul dari hasil kolaborasi antara Pirelli dengan Audi, Ericsson, KTH, dan Italdesign.

 ban 5G

Dengan adanya jaringan 5G pada ban Pirelli yang menyentuh permukaan, hal ini mampu memberikan sinyal pada mobil untuk mengetahui kondisi permukaan jalan yang sedang dilewati. Cyber Tyre juga memiliki sensor internal yang mampu merekam detail beban dimanis yang ada pada permukaan jalan.

 Ban mobil

Sementara, Cyber Tyre ini mampaknya akan memiliki jumlah produksi yang terbatas dan ban yang memiliki koneksi 5G ini digadang akan cukup lama datang ke India. Namun, di India sendiri sudah banyak mobil yang hadir bersama TPMS yang merupakan singkatan dari Tyre Pressure Monitoring Sensor (Sensor Pemantau Tekanan Ban).

 ban mobil

Pada ban 5G milik Pirelli yang mampu memberikan informasi kepada mobil ini menjadi salah satu nilai tambah karena pengemudi bisa menjadi waspada pada permukaan jalan dan juga mampu meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini