nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Kehadiran Toyota Raize, Bikin TAM Buka Suara

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 10:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 21 52 2132555 heboh-kehadiran-toyota-raize-bikin-tam-buka-suara-xFYJop2E3g.jpg Tampak depan model SUV Toyota Raize yang diluncurkan di Jepang (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Tren peningkatan minat konsumen secara umum terhadap model kendaraan SUV, rupanya tidak langsung membuat Toyota Astra Motor (TAM) mendatangkan model Toyota Raize. Walaupun kemungkinan mendatangkannya ke Tanah Air cukup terbuka, TAM masih belum merasa karakternya sesuai dengan pasar lokal.

Karakter sebagai kendaraan SUV kompak dari Toyota Raize, menjadi salah satu poin pertimbangan dari TAM, untuk melakukan penjajakan serta mendatangkannya ke Indonesia . Terlebih model kendaraan ini terlahir dari rencana produksi kolaborasi dengan perusahaan saudara secara prinsipal, yakni Daihatsu.

 Toyota

Penjualan produk dengan sistem kolaborasi tidak terasa asing bagi Toyota, melihat lini kendaraan yang tersedia saat ini. "Memang ada kolaborasi dari segmen Agya-Ayla, Calya-Sigra, Avanza-Xenia, juga Rush-Terios. Namun, belum tentu Toyota ingin mengambil produk itu," ujar Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Rencana mendatangkan model Toyota Raize terbilang masih terlalu dini. Terlebih karena di segmen SUV, TAM masih merasakan respons positif. "Toyota sendiri baru memperkenalkan SUV tujuh penumpang dan responsnya bagus, sedangkan Raize sendiri berkapasitas lima penumpang," ujar Fransiscus menambahkan.

Keterbatasan kapasitas penumpang Toyota Raize yang hanya mencakup lima penumpang, dinilai Fransiscus tidak menjanjikan respons serupa dari konsumen. "Kita melihat sendiri kekuatan karakter mobil tujuh penumpang Indonesia, sedangkan mobil kompak seperti Raize lebih condong untuk konsumen Eropa," ujarnya.

Secara pribadi, Fransiscus menyebut TAM tidak memiliki keperluan untuk menggarap seluruh opsi pangsa pasar kendaraan di Tanah Air. "Product Planning dari TAM akan menentukan kebutuhan lini kendaraan yang dijual. Pertimbangan ini juga termasuk pada kenyamanan saat penjualan produk berlangsung," katanya terkait Raize.

 Toyota

Setelah resmi diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, Toyota Raize sudah beredar untuk pasar Jepang dengan banderol pada kisaran Rp217 juta hingga Rp295 juta. Berdasarkan rilis resmi Toyota Motor Corporation, model Raize mengusung mesin berkapasitas 1.0 L dengan sistem transmisi CVT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini