nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepeda Motor Gunakan Rantai & Belt, Mana Lebih Awet?

Nizar, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 17:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 21 53 2132810 sepeda-motor-gunakan-rantai-belt-mana-lebih-awet-IE48op4p3F.jpeg Rantai sepeda motor (foto: Ist)

JAKARTA - Rantai atau Belt pada motor digunakan sebagai perangkat yang menghubungkan putaran tenaga mesin ke poros roda. Dilihat dari fungsi dan kualitasnya, rantai dan belt mempunyai bahan serta karakter yang berbeda masing-masing.

Kelebihan rantai adalah jika kendur rantai tersebut bisa dipotong untuk mengencangkannya kembali, tetapi perlu diingat bahwa mengencangkan rantai tersebut perlu ada hitungannya tidak sembarang potong serta kondisi ini dilakukan hanya dalam keadaan darurat saja.

Rantai motor

Menurut Supardi sebaiknya setelah memotong rantai tersebut dalam kurun waktu satu bulan sudah harus diganti dengan yang baru. Kekurangannya adalah rantai lebih berisik karena adanya gesekan logam dan mudah korosi jika terkena air

 Belt Motor

Kelebihan dari belt adalah motor akan terdengar lebih hening berbeda dengan rantai yang terkadang berisik jika part tersebut kendur. Kekurangannya adalah Belt jika putus tidak bisa disambung dan harus segera diganti yang baru.

Dari segi perawatan, menurut Supardi salah satu pemilik bengkel RH Mekanik Motor mengatakan,“Kalau motor yang memakai rantai harus sering-sering dibersihkan sama dikasih pelumas berbeda kalau motor-motor matic yang memakai belt minimal dua bulan sekali harus dibersihkan.”

 Rantai Motor

Idealnya dalam mengganti sebuah part tersebut adalah setiap 15.000 km untuk motor yang menggunakan rantai dan 20.000 km untuk motor sekelas matic yang menggunakan belt. Hal tersebut bisa saja dapat berubah tergantung kondisi pemakaiannya.

 rantai motor

Namun dari biaya yang dikeluarkan jika part tersebut harus memang sudah waktunya diganti, motor yang menggunakan belt lebih mahal ketimbang motor yang menggunakan rantai. Beliau juga menambahkan bahwa untuk biaya motor yang menggunakan belt dihargai dikisaran harga Rp250 ribuan untuk motor matic yang berukuran biasa dan untuk motor bebek rantai motor dihargai dikisaran Rp100-150 ribuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini