nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Trail Listrik Racikan Rusia Ini Berhasil Trabas Danau Penuh Air

Ardimo Harsa, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 19:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 21 53 2132838 motor-trail-listrik-racikan-rusia-ini-berhasil-trabas-danau-penuh-air-QklwMN7gI1.jpg Motor trail listrik antiair (foto: ist)

RUSIA – Sepeda motor bermesin elektrik memang memiliki banyak keunggulan, seperti tak memiliki emisi gas buang dan tenaga yang instan karena langsung didapat di putaran yang rendah sekali pun. Namun, masih ada yang masih khawatir dengan ketahanan sepeda motor listrik apabila terkena air, misalnya ketika hujan atau melewati daerah banjir.

Perusahaan Rusia, Milandr SM yang dikenal sebagai desainer motor listrik, baru-baru ini memamerkan proyek terbarunya yaitu sebuah motor trail bermesin elektrik yang diberi nama SM 250. Untuk mengetes ketahanan dan memamerkan kemampuan motor ini, Milandr pun merilis sebuah video di kanal Youtubenya.

 Motor Trail

Dalam video berdurasi 5 menit tersebut, terlihat motor ini tengah dibawa kebut-kebutan di wilayah perhutanan. Tak lama setelah itu, rider SM 250 ini memutuskan untuk mengajak motornya melewati sebuah rawa. Tanpa kesulitan berarti, motor tersebut mampu melewati rawa meski sempat berhenti karena roda belakang dipenuhi dengan tanah sehingga tak bisa bergerak.

 Motor trail listrik

Seolah tak puas, rider ini kembali menyiksa SM 250 dengan membawanya melewati rawa beberapa kali. Meski sempat terjatuh dan tenggelam di rawa karena sang rider mencoba masuk dengan kecepatan tinggi, motor ini masih mampu menyala dan tak menunjukan gejala jika mesinnya mengalami masalah meski terendam air.

Terakhir, motor ini diuji dengan cara dibawa ke sebuah danau yang lebih dalam. Motor dibawa dengan kecepatan tinggi kemudian masuk ke dalam danau hingga motor benar-benar tenggelam. Untuk memudahkan menarik motor dari dasar danau, motor diikatkan ke sebuah perahu kecil. Ketika ditarik kembali ke pinggir danau, terlihat bahwa motor masih bisa menyala dan bahkan bisa langsung berakselerasi selepas kembali ke daratan.

 Motor Trail listrik

Tentunya pengetesan ini adalah contoh ekstrem yang tidak seharusnya ditiru. Namun setidaknya dari tes ini bisa terlihat bahwa sepeda motor bermesin elektrik ternyata memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap air. Berbeda dengan motor bermesin bensin yang apabila mesinnya terendam air dapat mengganggu kinerja dari mesin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini