nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sukses Tembus 490 Kpj, Banderol Bugatti Chiron Jadi Rp54,5 Miliar

Reven Rumenige, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 06:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 22 52 2132994 sukses-tembus-490-kpj-banderol-bugatti-chiron-jadi-rp54-5-miliar-sLgEFjTyjY.jpg Model kendaraan Bugatti Chiron saat pecahkan rekor kecepatan di Jerman (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Percobaan dari Bugatti untuk menembus batas kecepatan 300 mph (482 Kpj), berakhir dengan kesuksesan. Unit mobil Bugatti Chiron yang sanggup menembus rekor 304 mph (490 Kpj) itu akhirnya dipamerkan untuk kali pertama dalam gelaran Los Angeles Motor Show 2019 pekan ini.

Rekor kecepatan mobil produksi itu, dipecahkan oleh Buggati Chiron saat melaju kencang pada jalur uji coba Ehra-Lessien milik Volkswagen Group, di Jerman. Bugatti kini menyatakan kesiapan untuk membangun mobil dengan spesifikasi serupa kepada pelanggan yang berminat, mulai akhir tahun ini.

 Bugatti

Produsen asal Perancis tersebut memberi bekal mesin tipe W16 berkapasitas 8.0 L quad- turbocharged. Rangkaian daya tersebut mampu menghasilkan kekuatan hingga 1.001 Hp dengan torsi puncak mencapai 1.500 Nm. Penyesuaian dilakukan untuk transmisi manual tujuh percepatan dengan rasio gir ketujuh lebih tinggi.

Untuk menembus kecepatan lebih dari 480 Kpj tersebut, Bugatti menyiapkan gubahan dari segi keamanan dan desain aerodinamis. Begitu juga dengan penggunaan ban rancangan khusus Michelin Pilot Cup 2. Pemeriksaan menyeluruh bahkan dilakukan sebelum pemasangan ban untuk menghindari potensi titik panas dalam batas putaran serta kecepatan lebih tinggi.

Mobil ini akan diproduksi secara terbatas, yakni sebanyak 30 unit bagi konsumen yang berminat memilikinya. Dilansir dari laman Autocar, banderol dari kendaraan berkelir hitam dengan aksen merah ini mencapai 3,5 juta Euro atau sekitar Rp54,5 miliar. Bugatti memperkirakan konsumen baru akan memperoleh mobilnya pada 2021 mendatang.

Unit Bugatti Chiron tersebut menjadi andalan Bugatti dalam pamerannya di ajang Los Angeles Motor Show 2019. Bersanding di sebelah unit tersebut adalah model pemecah kecepatan maksimal dari kendaraan penumpang produksi keluaran Bugatti, yakni varian Veyron Super Sport.

 Bugatti

Pengemudi yang mengendarai Bugatti ini selama tes di Jerman, Andy Wallace, sebelumnya juga memecahkan rekor dengan McLaren F1 dan Jaguar XJ220. "Jika seseorang mengatakan kepada saya dua tahun yang lalu akan mengemudi hingga mencapai 490 Kpj, saya akan berpikir mereka sudah gila," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini