nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saking Kencangnya, Michelin Racik Ban Khusus untuk Bugatti Chiron

Reven Rumenige, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 10:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 22 52 2133062 saking-kencangnya-michelin-racik-ban-khusus-untuk-bugatti-chiron-kNCMkGUqAo.jpg Ban Michelin racikan khusus untuk Bugatti (foto: ist)

CLERMONT - Bugatti merupakan merek mobil yang tak asing lagi diteling pecinta otomotif. Mempunyai tampilan mewah membuat mobil ini memiliki harga yang fantastis. Selain harga, mobil ini tentunya dibekali dengan mesin epik yang mampu melesat dalam waktu singkat.

Dilansir dari situs autocar, mobil mahal ini ternyata mampu melesat dalam kecepatan tertingginya yakni 490 Km/h yang dikendari oleh Andy Wallace. Hal ini diresmikan kala Bugatti Chiron melaju kencang dijalur uji coba Ehra-Lessien yang tertutup di VW Group, Jerman.

 Bugatti

Mampu menyentuh angka 490 Km/h dalam kecepatan tertinggi, ternyata mobil asal Perancis ini dipersenjatai dengan mesin yang luar bisa. Mengusung mesin 8.0 L W16 quad- turbocharged dengan tujuh transmisi manual mampu menghasilkan 1.001 tenaga kuda dan torsi maksimumnya mencapai 1.500 Nm.

 Bugatti

Kecepatan yang mampu melebihi 400 Km/h memaksa produsen ban asal Perancis, Michelin merancang khusus untuk mobil sekencang itu. Nyatanya Michelin merancang ban Michelin Pilot Cup 2 yang mana ban ini akan berputar masing-masing sebanyak 4100 per menit. Menggunakan ban Pilot Cup 2 membuat Chiron semakin mulus saat berjalan karena Michelin memastikan tidak ada pita radial yang saling bersentuhan.

Dengan kecepatan yang luar biasa, Andy Wallace memberikan komentar mengenai efek gyroscopic dari roda yang berputar pada mobil yang begitu cepat "Pada 321 Km/h Anda hampir tidak bisa merasakannya, tetapi pada 490 Km/h mph itu benar-benar luar biasa," katanya kepada Autocar.

 Bugatti

Bagi Wallace, ini adalah ketiga kalinya ia mengendarai mobil ke rekor mobil produksi, setelah sebelumnya dengan McLaren F1 dan Jaguar XJ220 . "Ini keren sekali," katanya kepada Autocar, "jika seseorang mengatakan kepada saya bahkan dua tahun yang lalu bahwa saya akan pergi lebih dari 490 Km/h, saya akan berpikir mereka sudah gila."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini