nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gonta-Ganti Bahan Bakar Kendaraan, Kenali Dampak Buruknya

Nizar, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 22 53 2133089 gonta-ganti-bahan-bakar-kendaraan-kenali-dampak-buruknya-1EKSzAT474.jpg Sepeda motor isi bensin (foto: Ist)

JAKARTA - Bahan bakar adalah kebutuhan primer bagi pengendara untuk melajukan kendaraannya. Beberapa masyarakat sering sekali gonta-ganti bahan bakar misalnya, hari ini memakai Pertalite dan besoknya memakai Pertamax. Hal tersebut tentunya menjadi pertanyaan apakah akan berpengaruh terhadap performa dan kondisi motor.

Hal tersebut sebenarnya tidak direkomendasi jika terlalu sering dilakukan karena setiap mesin mempunyai kompresi yang berbeda. Pada dasarnya pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok pada setiap jenis kendaraan.

 SPBU

Akibatnya terlalu sering gonta-ganti bahan bakar nantinya Ketika bahan bakar yang biasa digunakan oleh kendaraan tersebut diganti, maka mesin akan otomatis menyesuaikan kembali dengan kompresinya. Kondisi tersebut dapat mengundang dampak buruk, nantinya mesin akan ngelitik dan mudah rusak serta performa motor akan berkurang.

 Bensin motor

Lanjutnya jika terlalu sering melakukan hal ini, dampaknya bisa sampai ke piston motor tersebut yang nantinya piston akan bolong. “Masalah gonta-ganti bahan bakar sebetulnya boleh-boleh saja tetapi karena terlalu sering dilakukan nantinya akan merembet ke mana-mana,” ujar Supriadi pemilik bengkel RH Mekanik Motor.

“Sebaiknya kalau tidak dalam kondisi darurat atau terdesak, biarkan bahan bakar itu habis atau sisakan sedikit setelah itu baru diisi dengan bahan bakar lainnya,” ucap Supriadi.

 Isi bensin motor

Baiknya sebagai pengendara selalu merawat mesin kendaraannya tersebut supaya awet dan selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang digunakan. Ia juga menambahkan bahwa untuk lebih aman sebaiknya gunakan bahan bakar dengan oktan yang telah direkomendasikan oleh pabrikan agar mesin dapat bekerja secara maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini