nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Tips Bagi Pemilik Mobil Hadapi Musim Hujan yang Telah Tiba

Ardimo Harsa, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 15:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 22 87 2133193 8-tips-bagi-pemilik-mobil-hadapi-musim-hujan-yang-telah-tiba-3CTHpgrjGk.jpg Nyaman di musim hujan, pemilik mobil wajib lakukan persiapan (foto: ist)

JAKARTA – Musim hujan biasanya menjadi momok bagi para pengendara mobil. Kondisi jalan yang licin serta visibiltas yang berkurang kerap menjadi pemicu bertambahnya jumlah kecelakaan pada musim hujan.

Tak hanya dituntut untuk lebih waspada, pengemudi juga wajib melakukan persiapan khususnya pada mobil yang dimilikinya. Persiapan beberapa perangkat yang sering diabaikan sebelum musim hujan datang, sering membuat kenyamanan mengemudi terganggu saat turun hujan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat mengemudi di tengah hujan, sebagaimana dilansir situs driving-tests.org:

Pengecekan mobil

1. Perhatikan kondisi kendaraan sebelum berkendara

Sebelum mengemudi, pastikan mobil memiliki kondisi yang prima. Periksalah lampu depan, lampu belakang, serta karet wiper untuk memastikan semua perangkat tersebut berfungsi dengan baik di kala hujan. Selain itu, periksalah kondisi ban apakah masih memiliki alur dan kembangan. Ban yang sudah botak tentunya akan memiliki traksi yang berkurang jauh di jalanan yang basah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

 Kecepatan di jalan tol

2. Kurangi kecepatan di jalan

Berkendara di jalanan yang basah dan berair dengan kecepatan tinggi akan memperbesar resiko terjadinya aquaplanning yang dapat berakibat fatal. Untuk itu, kurangilah kecepatan ketika mengemudi di musim hujan.

 Membersihkan kaca mobil

3. Nyalakan lampu utama kala berkendara

Menyalakan lampu utama akan membantu visibilitas ketika mengemudi di tengah hujan. Selain itu, menyalakan lampu utama juga dapat membantu pengemudi lain mengetahui letak mobil yang berlawanan arah, terutama di saat hujan deras.

4. Gunakan wiper, bahkan ketika masih gerimis

Meski banyak yang telah mengetahui fungsi wiper di saat hujan, banyak pengemudi yang enggan menyalakan wiper ketika keadaan masih gerimis. Padahal, meski gerimis, fungsi wiper tetaplah vital untuk membuat kaca depan tetap dapat terlihat jelas sehingga menambah visibilitas pengemudi.

 Wiper mobil

5. Jaga jarak ketika berkendara

Cuaca hujan akan membuat jalanan menjadi licin sehingga pengereman akan menjadi lebih sulit. Berilah jarak yang cukup ketika berkendara di tengah lalu lintas. Jarak yang direkomendasikan antara satu mobil dengan mobil di depannya adalah 3-4 detik.

 Jarak pengereman mendadak

6. Hindari pengereman mendadak

Melakukan pengereman mendadak di jalanan berair dapat beresiko membuat mobil kehilangan kendali. Untuk menghindarinya, pastikan untuk melepas terlebih dahulu pedal gas untuk mengurangi kecepatan mobil dan injak pedal rem secara perlahan untuk melakukan deselerasi.

 genangan air

7. Waspada dengan genangan air

Melewati genangan air dapat mengakibatkan situasi aquaplanning, di mana ban mobil kehilangan traksi dan membuat pengemudi kehilangan kendali. Untuk menghindari aquaplanning, hindarilah jalan yang memiliki genangan air. Atau jika memang harus melewati jalan yang tergenang, kurangilah kecepatan kendaraan agar tidak terjadi aquaplanning.

 Musim Hujan

8. Gunakan fitur defogger

Cuaca hujan akan membuat tingkat kelembaban di dalam interior meningkat. Hal ini akan menimbulkan embun di kaca mobil yang mengakibatkan visibilitas berkurang. Untuk mengurangi hal tersebut, berilah ventilasi yang cukup di dalam interior. Kebanyakan mobil telah memiliki fitur defogger untuk mengurangi embun di dalam kendaraan. Namun jika embun masih terlalu tebal meski defogger telah diaktifkan, menepilah dan tunggu hingga kondisi aman untuk kembali berkendara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini