nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lexus Resmikan Produksi SUV Kompak Listrik, Pakai Basis CH-R

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 09:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 24 52 2133743 lexus-resmikan-produksi-suv-kompak-listrik-pakai-basis-ch-r-xJ8qUpT5iE.jpg Tampilan mobil listrik produksi perdana Lexus yakni UX 300e diluncurkan di Tiongkok (Foto: Okezone.com/pool/Lexus)

GUANGZHOU - Pengumuman penting diungkap oleh Lexus pada gelaran Guangzhou International Automobile Exhibition di Guangzhou, Tiongkok pekan ini. Produsen asal Jepang tersebut mengumumkan model kendaraan elektrifikasi penuh perdananya di bawah lini Lexus Electrified, yakni UX 300e.

Varian elektrifikasi dari model crossover Lexus UX itu, dikabarkan menggunakan basis produksi Toyota CH-R listrik yang ditawarkan untuk Pasar Tiongkok. Lexus menyebut platform produksi GA-C yang digunakan sudah mendapat optimalisasi sehingga memberi distribusi beban sempurna sebagai mobil listrik.

 Lexus

Rangkaian penggerak yang digunakan oleh Lexus UX 300 e memiliki tipe 4KM dengan kekuatan 200 Hp serta torsi puncak mencapai 300 Nm. Sedangkan paket baterainya terletak pada bagian bawah dari bodi kendaraan, serta memiliki tipe Lithium Ion dengan kapasitas mencapai 54,3 kWh untuk mendukung jarak jelajah hingga 400 Km.

Paket baterai tersebut memiliki teknologi manajemen temperatur, untuk menyesuaikan pengaturan tenaga dalam situasi suhu rendah ataupun tinggi. Begitu juga dengan adanya sistem monitoring yang memberi informasi terkait kondisi pengisian, seperti lama waktu dan pencegahan kondisi baterai diisi ulang melebihi kebutuhan.

Lexus menyebut model UX 300e juga dilengkapi oleh pilihan mode berkendara, agar pengemudi bisa mengatur kebutuhan akselerasi sesuai kebutuhan. Bahkan, terdapat kemungkinan bagi pengemudi menggunakan paddle shift melalui empat tingkat deselerasi regeneratif, layaknya sensasi engine brake pada mobil biasa.

Pada bagian interior kendaraan, ada upaya membangun kesan elegan dengan mengutamakan kesan fungsionalitas pada karakter kendaraan SUV. Termasuk dengan tampilan sistem transmisi shift-by-wire untuk menunjang kesan kesederhanaan bagian tengah konsol.

 Lexus

Model dengan sambungan pengisian pada pilar belakang tersebut disiapkan untuk dua masa produksi berbeda. Pasar otomotif Tiongkok dan Eropa akan terlebih dulu jadi tujuan pada 2020 mendatang, sementara produk ini baru akan hadir di Jepang pada 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini