nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Belum Tentu Kebagian Mobil Listrik Keluaran Mazda

Medikantyo, Jurnalis · Senin 25 November 2019 08:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 25 52 2133968 indonesia-belum-tentu-kebagian-mobil-listrik-keluaran-mazda-8wciOVkpgP.jpg Mobil listrik Mazda MX-30 belum akan datang ke pasar Indonesia setidaknya hingga 2021 nanti (Foto: Okezone.com/pool/Mazda)

JAKARTA - Kesiapan produsen meluncurkan model kendaraan elektrifikasi di Tanah Air masih menunggu proses lebih panjang. Walaupun regulasi awal sudah dikeluarkan oleh Pemerintah, sejumlah produsen masih menanti kepastian final mengenai sejumlah aspek terkait teknis pelaksanaan pengadaan mobil listrik.

Alasan tersebut juga menjadi dasar bagi PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sebagai distributor Mazda di Indonesia, belum merencanakan untuk membawa model MX-30 ke Tanah Air. Walaupun, tidak menutup kemungkinan mendatangkan mobil listrik Mazda tersebut ke pasar otomotif Indonesia dengan restu prinsipal.

 Mazda

Keinginan tersebut disampaikan oleh Presiden Direktur PT EMI, Roy Arman Arfandy kepada awak media. "Kita masih menunggu kebijakan pihak prinsipal untuk negara lain setelah mobilnya meluncur di Tokyo Motor Show lalu. Tentunya ada harapan membawa ke Indonesia tapi belum tahu kapan," ujarnya.

Strategi peluncuran serta pemasaran Mazda terkait model kendaraan listrik MX-30 sendiri cenderung berbeda dibandingkan model lain. "Bahkan perkiraannya Mazda MX-30 akan lebih dulu beredar di pasar Amerika Serikat dan Eropa, mengingat sudah mulai ada diskriminasi pada mesin konvensional," kata Roy menambahkan.

Kendaraan berjenis crossover MX-30 sendiri, merupakan varian mobil listrik produksi massal perdana dari Mazda. Untuk platform produksinya, model kendaraan listrik ini berbagi struktur terbaru, sama seperti basis varian Mazda3 dan CX-30 yang memiliki mesin konvensional.

Paket baterai yang terletak pada Mazda MX-30 berkapasitas 35.5 kWh dengan tipe lithium-ion serta sel prismatik. Tenaga dari baterai tersebut menggerakan rangkaian motor berkekuatan 106 kW atau 143 Hp denga torsi mencapai 264 Nm. Tenaga tersebut memiliki jarak jelajah optimal hingga 209 Km.

 Mazda

Salah satu diferensiasi yang coba disajikan Mazda dengan model mobil listrik MX-30 adalah karakteristik mengendara. Termasuk perbedaan dari sistem pemuliham tenaga regeneratif dari pengereman dibandingkan mobil listrik lain. Walaupun ikut mengusung sistem pedal akselerasi tunggal bagi pengendara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini