nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sah! Hyundai Punya Pabrik Baru di Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 18:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 26 52 2134746 sah-hyundai-punya-pabrik-baru-di-indonesia-oiTc2Ifkbu.jpg Hyundai tunaikan janji investasi pabrik baru di Indonesia (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SEOUL - Potensi pasar industri otomotif Indonesia masih menarik minat produsen luar negeri untuk turut berpartisipasi. Komitmen terbaru ditunjukkan oleh Hyundai, dengan menaruh investasi nyata dengan membangun pusat fasilitas produksi di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Penandatangan kesepakatan mengenai investasi tersebut, bahkan disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Selasa (26/11/2019) di fasilitas produksi terintegrasi Hyundai, Ulsan, Korea Selatan. Fasilitas manufaktur ini menjadi yang pertama dibangun oleh Hyundai di kawasan Asia Tenggara.

 Hyundai

Nilai investasi berupa fasilitas manufaktur terpusat dari Hyundai ini mencapai USD1,55 miliar atau setara dengan Rp21,8 triliun. Nantinya, total luas bangunan fasilitas produksi dari Hyundai ini berkisar 77,6 hektar dengan pelaksanaan pembangunan yang dimulai pada akhir tahun ini.

Hyundai berharap dapat memulai kegiatan produksi kendaraan pada fasilitas ini pada paruh kedua 2021 nanti dengan kapasitas tahunan mencapai 150.000 unit kendaraan. Sedangkan, target produksi per tahun diharapkan menyentuh angka 250.000 kendaraan, termasuk 59.000 unit peruntukan ekspor di kawasan Asia Tenggara.

Cakupan kegiatan yang termasuk dalam investasi dari Hyundai tersebut adalah biaya operasional fasilitas produksi juga pengembangan produk hingga 2030 mendatang. Berdasarkan keterangan resmi Hyundai yang diterima Okezone, model yang disebut akan dibuat dalam pabrik ini berjenis SUV, MPV, hingga Sedan.

Pabrik tersebut akan memiliki fasilitas stamping, pengelasan, pengecatan, hingga perakitan kendaraan Hyundai. "Pembangunan pabrik manufaktur Hyundai Motor di Indonesia terlaksana dengan kerjasama dan dukungan Pemerintah Indonesia," ujar Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group, Chung Euisun.

 Hyundai

Pembukaan fasilitas produksi Hyundai ini, beserta dengan kebutuhan suplai komponen lokal, diperkirakan bakal membuka 23.000 lapangan kerja baru baik secara langsung maupun tidak langsung. Langkah pembangunan pabrik ini juga diklaim Hyundai menjadi dasar produksi serta penjualan di Indonesia serta pasar ASEAN yang lebih luas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini