nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuat di Segmen Komersial, Ekspor Daihatsu Capai 69 Negara

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 22:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 26 52 2134832 kuat-di-segmen-komersial-ekspor-daihatsu-capai-69-negara-BFzo6ErDyg.jpg Ketangguhan model Gran Max sebagai kendaraan komersial diakui banyak negara (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Rekam jejak sebagai jenama kendaraan komersial di Tanah Air, masih melekat kuat di benak konsumen Daihatsu. Bahkan, kesan tersebut semakin menguat dengan lini kendaraan yang mereka ekspor seperti model rebadge Daihatsu Gran Max berupa Town ACE dan Lite Ace.

Kualitas produksi dari kedua model tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Pasalnya, hasil produksi dua model itu mampu menembus pasar kendaraan Jepang sebagai salah satu tujuan ekspor, dari total 69 negara di penjuru dunia.

 Daihatsu

Walaupun kisah awal mengenai proses ekspor kendaraan komersial berbentuk pikap dan minibus tersebut tidak berjalan mulus. "Pengiriman perdana kendaraan tersebut berakhir dengan retur mayoritas unit karena tidak memenuhi standar," ujar Public Relations Head Corporate Planning & Communication ADM, Indra Setiawan.

Indra mengungkap kisah tersebut dalam kunjungannya ke redaksi Okezone pada Selasa (26/11/2019). "Berdasarkan pengalaman tersebut, teknisi Daihatsu selalu bertekad menjaga kualitas seluruh unit kendaraan. Termasuk yang ditujukan untuk pasar ekspor," ujar Indra menjelaskan.

Segmen kendaraan komersial sendiri masih menopang kinerja penjualan Daihatsu saat ini, dengan penjualan 3.336 unit sepanjang Oktober 2019 lalu. "Jumlahnya bersaing ketat dengan Sigra yang saat ini menempati penjualan tertinggi di tingkat retail, termasuk dengan adanya tren taksi daring," kata Indra.

Kesempatan bertemu dengan awak redaksi Okezone Otomotif juga digunakan oleh Daihatsu memaparkan sejumlah program, serta menjelaskan pelayanan kepada pelanggan. Termasuk, mengenai kebijakan pemanggilan kembali unit Gran Max dan Luxio beberapa waktu lalu.

 Daihatsu

Berdasarkan data terbaru, jumlah unit yang sudah mendapatkan perbaikan pada unit connecting rod tersebut sudah mencapai 360 unit. "Namun, secara komitmen kami sudah memperoleh kesediaan melakukan perbaikan dari sekitar 1.500 pengguna kendaraaan di seluruh Indonesia," kata Indra.

Daihatsu mengakui kebanyakan konsumen masih menimbang melakukan perbaikan, karena kendaraan yang digunakan sebagai penunjang usaha tersebut pun harus libur. "Secara pengerjaan memang memakan waktu lama hingga 14 jam. Tetapi, kami memberikan sejumlah apresiasi seperti paket oli gratis saat mobil tersebut menjalani servis rutin berikutnya," ujar Indra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini