nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda City Generasi Kelima Bermesin Turbo Mengaspal di Thailand

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 08:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 27 52 2134889 honda-city-generasi-kelima-bermesin-turbo-mengaspal-di-thailand-nKxUNH0qVW.jpg Honda City bermesin VTEC Turbo resmi diluncurkan di Thailand (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BANGKOK - Debut generasi kelima dari sedan kompak Honda City, berlangsung di Bangkok. Seremoni peluncuran yang digelar oleh Honda Automobile Thailand itu, menunjukkan adanya era baru sedan kompak keluaran produsen asal Jepang itu dengan pengubahan kapasitas mesin.

Rangkaian mesin yang dipakai generasi terbaru dari Honda City ini bertipe tiga silinder DOHC dengan kapasitas 1.0 L VTEC Turbo. Rangkaian turbocharger pada sedan kompak ini menggunakan teknologi single-scroll. Sementara, angka rasio kompresi mesinnya adalah 10:1.

 Honda City

Dalam hal kekuatan, secara maksimal sedan ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 120 Hp dengan torsi puncak 173 Nm pada putaran mesin 2.000 sampai 4.500 rpm. Honda mengklaim bekal mesin tersebut dapat menghasilkan performa dinamis dengan konsumsi bahan bakar efisien.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis berteknologi CVT. Fitur lain yang ditempatkan oleh Honda sebagai standar pada model City terkini adalah ABS, EBD, serta VSA. Pemakaian rangkaian mesin turbo ini, juga sudah memenuhi standar emsisi setara Euro 5 yang diminta oleh Pemerintah Thailand.

Melalui peluncuran yang digelar di Thailand, Honda masih menyasar konsumen sedan kompak dari pasar Asia, sebagai peminat mayoritas model tersebut. "Lebih dari 100 ribu unit Honda City terjual di kawasan Asia & Oseania dari Januari hingga September 2019," ujar CEO Regional Operations (Asia & Oceania) Honda, Masayuki Igarashi.

Angka tersebut juga menandakan mayoritas penyerapan Honda City terjadi di Asia & Oceania. "Kontribusinya mencapai hampir 70 persen penjualan kendaraan jenis ini secara global," ujar Masayuki, sekaligus menjabat Presiden Asian Honda Motor Co. Ltd; dalam keterangan resmi yang diterima Okezone.

 Honda City

Nantinya saat beredar di Thailand, Honda City akan tersedia dengan empat varian yakni tipe S, V, SV, dan RS. Model ini akan tampil dalam Thailand International Motor Expo 2019 mulai akhir bulan ini. Penjualan untuk pasar Thailand akan berawal pada Desember 2019 dengan banderol berkisar 579,5 ribu Baht (sekitar Rp270 juta) hingga 739 ribu Baht (sekitar Rp344 juta) untuk varian RS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini