Begini Harapan Pemerintah Terkait Produksi Mobil Listrik Hyundai di Tanah Air

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 27 52 2134923 begini-harapan-pemerintah-terkait-produksi-mobil-listrik-hyundai-di-tanah-air-d1S9YgTwiD.jpg Presiden Jokowi saat meninjau pabrik Hyundai Motor di Ulsan, Korea Selatan (Foto: Okezone.com/BPMI Setpres)

SEOUL - Peresmian kesepakatan investasi Hyundai Motor Company (HMC) di Indonesia, disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke markas produsen tersebut di Ulsan, korea Selatan. Penandatanganan kesepakatan tersebut diwakili oleh Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Investasi dari pihak Hyundai senilai USD1,5 miliar tersebut, nantinya akan diwujudkan melalui pembangunan pabrik di kawasan Cikarang Jawa Barat. Proses awal pendirian fasilitas produksi tersebut disebut oleh Hyundai akan berlangsung pada akhir tahun ini, untuk dapat memulai produksi pada 2021 mendatang.

 Hyundai

Pemerintah secara terpisah mengungkap harapan besar investasi dari Hyundai dapat mendorong pengembangan teknologi kendaraan bermotor di Tanah Air. Termasuk, adanya kegiatan penelitian dan perakitan mobil listrik bersama penyedia komponen dari kalangan pengusaha lokal Indonesia.

Ketersediaan faktor penunjang produksi seperti bahan baku, turut diharapkan berperan penting dalam kegiatan produksi mobil listrik Hyundai di Tanah Air. "Bahan baterai dari Morowali, ban dan karet dari dalam negeri, sehingga mobil listrik yang diproduksi di Indonesia menggunakan bahan lokal," kata Bahlil.

Hyundai sendiri menyebut masih melakukan penjajakan produksi kendaraan listrik (EV) kelas dunia dalam fasilitas pabriknya di Indonesia. Komitmen tersebut diharapkan dapat mendukung berjalannya ekosistem EV di Indonesia, dengan mewujudkan teknologi mobilitas bersih pada masa mendatang.

Secara spesifik rencana pembangunan pusat penelitian dan pengembangan mobil listrik Hyundai, disiapkan sebagai bagian fase kedua investasi yang berlangsung pada 2022-2030 nanti. Begitu juga dengan fasilitas pembuatan pusat pelatihan tenaga produksi dan pabrik transmisi dalam kawasan yang sama.

 Hyundai

Target besar sudah dicanangkan Hyundai Motor Group, terkait produksi kendaraan elektrifikasi dalam masa mendatang. Bersama perusahaan afiliasi, Kia Motors Corporation, Hyundai menyebut keinginan untuk menjadi produsen EV ketiga terbesar dunia pada 2025 nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini