nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Supra Bermesin Diesel Khusus Off Road Ini Tuai Kontroversi di Dunia Maya

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 27 November 2019 21:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 27 52 2135251 toyota-supra-bermesin-diesel-khusus-off-road-ini-tuai-kontroversi-di-dunia-maya-abZ4iYdMht.jpg Modifikasi Toyota Supra bergaya off road (foto: Ist)

NEW YORK – Toyota Supra, terutama generasi ke-4 berkode JZA80 kerap disebut sebagai salah satu mobil sport paling legendaris di era 1990-an. Namun hal itu tak menghalangi niat pria asal Amerika Serikat untuk membangun sebuah Toyota Supra yang mampu diajak melintasi medan off-road.

Ashley Whitsey adalah pemilik sekaligus modifikator Supra ini. Toyota Supra yang dikenal sebagai mobil sport berperforma tinggi diubahnya menjadi sebuah mobil off-road, lengkap dengan ban besar dan suspensi yang ditinggikan.

 Toyota Supra

Di bagian kaki-kaki, Supra ini dilengkapi dengan ban besar berukuran 30 inci di depan dan 32 inci di bagian belakang. Agar tak kesulitan menembus medan terjal, mobil ini juga dilengkapi suspensi udara buatan Air Lift yang dibantu dengan kompresor Airmaxx 580 yang diletakkan di antara jok pengemudi dan penumpang.

 Toyota Supra

Selain itu, ia juga melakukan berbagai ubahan di bagian eksterior seperti bagian depan yang dimodifikasi agar tidak mentok ketika melewati wilayah dengan ketinggian ekstrem, pemasangan fender flare untuk melindungi ban besar, dua buah light bar di bagian atas mobil, dan juga roof rack sebagai ruang penyimpanan barang.

Perubahan terbesar di mobil ini ada di bagian mesin. Mesin legendaris bawaan Supra yaitu unit bensin 3 liter 6 silinder segaris dengan dua buah turbo berkode 2JZ diganti dengan mesin diesel 6 silinder segaris buatan Cummins yang menghasilkan 250 dk dan torsi 840 nm. Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, semestinya tak jadi masalah bagi Supra ini untuk melewati segala medan.

 Toyota Supra

Ashley pun nampaknya tak puas dengan capaian tenaga ini. Ia bahkan telah berencana untuk melakukan modifikasi tambahan ke mesin tersebut dengan menambah turbo dan intercooler, mengganti manifold, serta memasang injektor yang lebih besar. Ia berharap modifikasi tersebut dapat membuat mesin ini menghasilkan tenaga 500 dk dan torsi 1355 nm.

Supra hasil modifikasi Ashley ini sendiri ternyata menimbulkan kontroversi. Sejak diunggah di sebuah grup Facebook pada 23 November lalu, berbagai reaksi warganet bermunculan. Ada yang memuji modifikasi ekstrem ini, namun tak sedikit yang menganggap modifikasi ini tak sesuai dengan reputasi Supra yang dikenal sebagai mobil yang kencang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini