nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Sistem Hybrid, Mazda Siapkan Suksesor RX-8

Ardimo Harsa, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 11:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 28 52 2135450 pakai-sistem-hybrid-mazda-siapkan-suksesor-rx-8-oQtcNXkRJS.jpg Mazda MX-30 berteknologi hybrid (foto: ist)

TOKYO – Mazda dikabarkan tertarik membuat kembali mobil sport bermesin rotary. Hal ini diungkap dari pernyataan Kepala Bagian R&D Mazda Ichiro Hirose ketika diwawancara mengenai penggunaan mesin rotary di mobil listrik perdana mereka yaitu MX-30, demikian dilansir Carbuzz.

Ichiro mengatakan bahwa pengembangan mesin rotary yang berfungsi sebagai range extender di MX-30 memungkinkan bahwa mesin tersebut dapat kembali menjadi jantung dari mobil sport terbaru buatan Mazda. “Mesin rotary adalah solusi utama dalam teknologi mobil elektrik. Selain kompak dan ringan, mesin ini juga memiliki getaran dan kebisingan yang minim. “

 Mazda-30

Seperti diketahui, mesin rotary di Mazda MX-30 digunakan sebagai generator untuk mengisi daya apabila baterai telah habis, dan tidak digunakan untuk menggerakan kendaraan seperti di sistem hybrid.

 Mazda CX-8

“Dengan menggunakan mesin rotary dalam berbagai situasi, kami bisa membuat biaya pembuatan mesin tersebut jadi lebih rendah sehingga kami dapat memasang mesin rotary di mobil sport” jelasnya.

Meski begitu, ada beberapa faktor yang bisa membuat rencana ini urung terlaksana, “Jika melihat teknologi mesin rotary saat ini, cukup sulit bagi mesin ini untuk memenuhi berbagai regulasi emisi” ujar Ikuo Maeda, Kepala Bagian Desain Mazda.

 Mazda MX-30

Namun ia tak menutup kemungkinan untuk mengembangkan mesin rotary sehingga mampu lulus uji emisi “Mazda tengah melihat kemungkinan untuk mengombinasikan berbagai teknologi di kendaraan kami. Jika kami berhasil menemukan solusi yang tepat untuk memasang mesin rotary ini di mobil sport, maka ini akan jadi solusi yang baik.” lanjutnya.

Mazda sendiri juga menyatakan jika mesin rotary tersebut dapat digunakan untuk keperluan mobil hybrid dan plug-in hybrid. Ini berarti, jika terlaksana, suksesor dari Mazda RX-8 tersebut bakal menggunakan sistem hybrid atau pun plug-in hybrid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini