nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Audi Ungkap Resep Peningkatan Jarak Jelajah Mobil Listriknya

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 10:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 29 52 2135863 audi-ungkap-resep-peningkatan-jarak-jelajah-mobil-listriknya-H9jy6gOJTY.jpg Model kendaraan listrik Audi E-Tron (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Audi menemukan cara untuk meningkatkan jarak jelajah optimal dari lini mobil listriknya, E-Tron. Peningkatan ini menggunakan pendekatan lebih lanjut pada sistem regenerasi tenaga dari momentum deselerasi atau pengereman model Audi E-Tron tersebut.

Pengubahan ini pertama kali diungkap pada model Audi E-Tron Sportback dalam ajang pameran Los Angeles Motor Show beberapa waktu lalu. Penambahan jarak dari pengembangan teknologi regenerasi tenaga dari pengereman ini menambah jarak jelajah sekitar 25 Km dari kondisi normal.

 Audi

Secara total dengan pengembangan tersebut, Audi E-Tron standar bisa memiliki jarak tempuh menggunakan sepenuhnya daya listrik dari paket baterai sejauh 436 Km. Mengutip dari laman Autocar, jarak jelajah tersebut dihasilkan dengan mengurangi residu torsi saat pengemudi mengerem.

Audi menemukan fakta bahwa residu torsi itu muncul akibat kedekatan komponen kaliper dengan piringan rem saat mobil melakukan deselerasi penuh. Terdapat juga kemungkinan bahwa dalam melakukan pengereman, mobil bisa memutus sepenuhnya saluran daya dari baterai menuju motor tersbeut.

Pengerjaan dilakukan pada sistem pendingin untuk menekan energi yang terbuang dari aktivitas deselerasi kendaraan. Sekaligus, mengalihkan kembali tenaga panas tersebut untuk menghangatkan bagian dalam kendaraan, sehingga menambah jarak jelajah hingga 10 persen dari angka normal.

Pembaruan sistem manajemen temperatur juga mendukung pengisian daya secara cepat, begitu juga jangka pemakaian paket baterai yang lebih lama. Begitu juga adanya jaminan bahwa kinerja sistem aliran daya berjalan optimal, dengan tambahan beban angkut cukup berat.

 Audi

Secara umum peningkatan kapasitas baterai terjadi dengan penggunaan sistem ini. Seperti pada model Audi E-Tron 55 Quattro yang kini memiliki daya paket baterai secara optimal hingga 86,5 kWh. Keuntungan dari pembenahan teknis penghematan daya ini, akan tersedia dalam seluruh model Audi E-Tron keluaran terbaru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini