nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Bahaya Merokok di Dalam Mobil & Sanksi yang Bisa Merugikan

Reven Rumenige, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 14:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 29 52 2135984 kenali-bahaya-merokok-di-dalam-mobil-sanksi-yang-bisa-merugikan-j4760bbMKU.jpg Kenali risiko merokok dalam kabin mobil (foto: ist)

JAKARTA - Kadang aktivitas yang minim dalam kendaraan membuat pengendara diserang kantuk atau bosan. Ketika dua hal tersebut datang, tak heran jika pengendara yang aktif merokok membakar rokok untuk mengantisipasinya. Dengan sebatang rokok, pengendara bisa jadi lebih fokus dalam berkendara. Namun, apakah merokok sambil berkendaraan salah dan berbahaya?

Sebagai perokok aktif mungkin itu tidak menjadi persoalan besar. Hanya dengan membuka jendela, abu, bara dan asap pastinya akan keluar dari kabin mobil. Namun, itu merupakan suatu tindakan yang tidak baik karena pengaruhnya akan melibatkan pengendara lain dan tentunya kebersihan kabin mobil.

 Merokok dalam mobil

Abu dan bara rokok yang keluar dari kabin mobil cukup membahayakan pengendara lain, yakni pengguna sepeda motor. Abu dan bara yang beterbangan memang tak bisa diprediksi dan dapat menyerang kapan saja. Parahnya banyak kejadian-kejadian dimana mata kelilipan abu dan bara dan akibat parahnya bisa menimbulkan kebutaan mata bagi pengendara lain.

 merokok dalam kabin mobil

Selain itu nasib kabin mobil juga dipengaruhi oleh asap dan bau dari rokok sendiri. Mendasarnya hanya kabin mobil yang akan rusak akibat bara yang jatuh dan lagi kabin mobil mampu menyerap asap dan bau rokok. Terserapnya asap dan bau rokok tentu membuat kabin mobil menjadi tak sedap walaupun sudah menggunakan pengharum. Sekaligus mampu membuat harga mobil turun jika dijual kembali.

Jadi, secara keseluruhan merokok di dalam mobil adalah tindakan yang seharusnya dihindari dan akan mendapat hukuman dari pihak kepolisian berupa denda sebesar Rp 750.000 atau kurungan paling lama tiga bulan, hal ini diatur dalam pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini