nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menerka Honda Brio Gunakan Mesin 1.0 L Turbo Milik City

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 11:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 03 52 2137295 menerka-honda-brio-gunakan-mesin-1-0-l-turbo-milik-city-GIhC0vwZD2.jpg Honda Brio Satya saat ajang GIIAS 2019 (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Teknologi mesin terkini disematkan oleh Honda pada model sedan City edisi terkini, yang meluncur di Thailand. Rangkaian daya tersebut memiliki kapasitas 1.0 L VTEC turbo tiga silinder, menjadikannya sedan dengan mesin terkecil dalam lini produk Honda saat ini.

Melalui sudut pandang strategi produk, kecilnya pangsa pasar sedan saat ini membuat Honda City terbaru belum terlihat datang ke Tanah Air. Namun, kemungkinan masih terbuka melihat teknologi mesinnya dipakai untuk menjalankan produk lain seperti Honda Brio.

 Honda Brio

Adanya peluang terkait penggunaan mesin 1.0 L itu disampaikan oleh Business Innovation and Sales & Marketing Honda Prospect Motor, Yusak Billy. "Terus terang belum kami coba, itu teknologi baru dan sedang kami pelajari kemungkinannya," ujarnya.

Sebagai perbandingan, model Honda Brio saat ini memakai mesin tipe 1.2 Li-VTEC yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 88 Hp. Sementar, mesin tipe VTEC turbo milik Honda City di Thailand sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga 120 Hp serta dinilai lebih efisien. "Bagus memang namun belum ada keputusan," kata Yusak menambahkan.

Dalam kesempatan berbeda, Yusak pernah mengungkapkan prioritas pengembangan mesin memang tengah dilakukan Honda untuk lini produknya. Khusus untuk model Brio, selain baru saja mengalami pembaruan, potensi penempatan rangkaian mesin di masa mendatang masih akan diperhitungkan.

Begitu juga dengan usulan untuk memperkenalkan elektrifikasi kendaraan, sebagai opsi penyelarasan pembuatan kendaraan merek Honda dengan keinginan pemerintah. "Namun, pengembangan elektrifikasi harus dilakukan denga pertimbangan baik agar cocok untuk konsumen," kata Yusak.

 Honda Brio

Honda masih memegang optimisme terkait pangsa pasar LCGC di Indonesia. Berpegang pada data yang dikeluarkan Gaikindo sampai November 2019, pangsa pasar kendaraan berukuran kecil tersebut tidak berada jauh di kisaran 20 persen dari penjualan kendaraan di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini