nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Onderdil Harley Davidson Diketahui Jadi Penumpang Istimewa dalam Penerbangan Garuda

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 19:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 03 53 2137563 onderdil-harley-davidson-diketahui-jadi-penumpang-istimewa-dalam-penerbangan-garuda-jxQB5Yf2WZ.jpg Komponen sepeda motor Harley Davidson ditemukan dalam penerbangan pesawat baru Garuda Indonesia (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Modus mendatangkan suku cadang sepeda motor Harley Davidson secara ilegal, terungkap pada bulan lalu. Caranya, dengan menyertakan paket komponen tersebut dalam unit pesawat Airbus terbaru milik maskapai Garuda Indonesia yang mendarat di area bandara internasional Soekarno Hatta.

Berdasarkan pemeriksaan dari Bea Cukai Soekarno Hatta, total suku cadang yang disita dari pesawat tersebut mencapai 15 paket besar. Namun, keseluruhan suku cadang ini tidak ikut didaftarkan dalam barang bawaan penumpang pesawat terbang yang lepas landas dari Prancis tersebut.

 Harley Davidson

Suku cadang tersebut ditemukan oleh petugas Bea Cukai dari ruang penyimpanan barang di lambung pesawat. Rangkaian paket suku cadang sepeda motor Harley Davidson tersebut dikemas dalam 15 boks besar berwarna cokelat.

Komponen sepeda motor Harley Davidson bekas tersebut diketahui tercantum dengan label nama pemilik berinisial SAW. Namun, belum ada keterangan resmi terkait jenis maupun kegunaan dari suku cadang sepeda motor Harley Davidson temuan petugas dalam pesawat Garuda Indonesia itu.

Melalui keterangan VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, seluruh komponen sepeda motor buatan Amerika Serikat tersebut masih berada di pihak Bea Cukai. "Masih diperiksa oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai apakah sudah membayar pajak atau belum sesuai dengan peraturan," katanya.

Kejadian ini menjadi fenomena tersendiri terkait cara mengimpor komponen suku cadang kendaraan mewah, termasuk sepeda motor Harley Davidson. Garuda juga sudah menyampaikan seluruh keterangan angkutan barang sesuai dengan prosedur yang berlaku sampai penemuan perangkat onderdil tersebut.

 Harley Davidson

Garuda mengakui adanya penyelewengan fasilitas angkutan pada pesawatnya untuk mendatangkan onderdil kendaraan roda tersebut ke Tanah Air. "Akan kita perbaiki ke depan agar lebih baik berkaitan prosedur ini," ujar Ikhsan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini