Share

Intip Spesifikasi Komodo Buatan Pindad yang Siap Mendunia

Nizar, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 52 2137858 intip-spesifikasi-komodo-buatan-pindad-yang-siap-mendunia-VbBGVKyaCE.jpg Produksi Rantis Komodo di Pindad (foto: ist)

JAKARTA - Tak kalah dengan negara lain, Indonesia juga mempunyai sebuah kendaraan taktis (rantis) yang bernama Komodo. Sebuah kendaraan lapis baja ini telah dipakai oleh PBB untuk misi perdamaian dunia di Kongo. Kendaraan Taktis besutan PT Pindad ini didesain khusus untuk misi pengintaian ataupun untuk mengangkut para personel serta bisa melahap segala medan yang dilaluinya.

Dilansir dari situs pindad.com, mobil ini dibekali dengan mesin diesel enam silinder segaris turbocharged. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan oleh mobil ini menyentuh angka 215 Hp yang disalurkan dengan transmisi manual enam percepatan. Dengan mesin tersebut, kecepatan maksimal yang dihasilkan oleh mobil ini adalah 80 km/h atau 50 km/h di kondisi offroad dan 100 km/h di kondisi jalan biasa.

 Kendaraan taktis Komodo

Kendaraan ini memiliki bobot 5,8 ton dan mampu mengangkut personel serta persenjataan hingga 2 ton dan mobil ini mempunyai kapasitas tangki bahan bakar sebesar 200 liter dan mampu menempuh jarak sejauh 450 km.

 Kendaraan taktis komodo

Di sisi perlindungan, PT Pindad mengklaim bodi mobil yang dilapisi oleh baja mampu menahan peluru 7.62 mm serta diperkuat dengan sistem add on keramik lapis baja. Di bagian kaca, PT Pindad membekalinya dengan kaca setebal 38 mm dan tahan peluru 7.62 mm.

Untuk Kelengkapan standar mobil ini mempunyai alat tarik (winch) dengan kemampuan menarik 2 ton, dilengkapi juga dengan alat pemadam kebakaran, dan jaring kamuflase. Sebagai tambahan, mobil ini terdapat perangkat komunikasi AM/FM dan GPS. Untuk persenjataan, mobil ini dibekali dengan senapan mesin berkaliber 7.62 mm dan dapat di gerakan melalui Remote Control Weapon System (RCWS), senjata ini tentunya bisa berubah tergantung permintaan dan kondisi yang diperlukan.

 Kendaraan taktis Komodo

Di Indonesia mobil ini telah digunakan oleh pasukan Brigade Mobil (Brimob) dan Batalyon Infanteri (Yonif) mekanis sebagai kendaraan yang mengangkut pasukan ataupun sebagai kendaraan intai.

Tak hanya di Indonesia, di Ghana pun juga telah memesan beberapa unit Komodo sebagai tambahan alat untuk menambah pertahanan serta beberapa negara tetangga di kawasan asia tenggara juga minat dengan kendaraan taktis ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini